Bus Rombongan Siswa MAN Darusalam Ciamis Terbalik di Tanjakan Kiara Payung Sumedang

Redaktur author photo
Bus bawa rombongan siswa MAN Darusalam Ciamis terguling di Sumedang.

inijabar.com, Ciamis- Nasib nahas menimpa pelajar kontingen Pramuka dari Ciamis dalam kegiatan Bakti Harmoni Moderisasi Tahun 2023, mobil bus yang ditumpangi puluhan pelajaran MAN Darusalam itu terguling saat hendak pulang di tanjakan dekat Buper, Kiara Payung, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Minggu (24/12/2023). 

Di dalam bus ber nopol AA 1631 ED itu selain siswa MAN Darusalam terdapat juga siswa dari MAN 1 Ciamis, MAN 2 Ciamis dan MAN 3 Ciamis. Informasi yang dihimpun, tidak ada korban jiwa dalam lakalantas tunggal itu. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB namun puluhan pelajar mengalami luka ringan dan parah. 

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Ciamis Jajang Jamaludin membenarkan, telah terjadi lakalantas dalam kegiatan Bakti Harmoni 2023 di Sumedang. 

"Iya betul telah terjadi lakalantas  Ciamis di acara Bakti Harmoni tadi sekitar pukul 15.00 WIB,"  saat dikonfirmasi lewat seluler. Minggu(24/12/2023).

Menurut Jajang, kecelakaan itu terjadi akibat bus tidak kuat menanjak di tanjakan dekat buper, Kiara Payung saat hendak pulang menuju Ciamis kemudian sopir membanting stir ke arah kanan untuk menghindari kecelakaan yang lebih parah. 

"Berdasarkan informasi, bus tidak kuat saat melewati tanjakan di Kiara Payung kemudian sopir berinisiatif untuk membanting stir ke kanan daripada mengakibatkan kecelakaan yang lebih serius karena kiri kanan jalan itu jurang yang sangat curam," tuturnya.

Dirinya menyatakan pihak sekolah tidak tahu mengenai kondisi mobil bus layak atau tidaknya saat hendak dipakai dan itu merupakan tanggungjawab dari PO bus. 

"Untuk kelayakan bus bukan kapasitas kami, kami hanya menyewa,"tegasnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa di dalam bus tersebut terdapat 48 pelajar yang berasal dari 3 madrasah. Korban pun dilarikan ke rumah sakit sebanyak 12 orang luka ringan

"Alhamdulillah peserta ga ada yang luka berat cuma kena pecahan kaca saja,"ungkapnya. 

Terpisah, salah satu pupuhu di MAN Darusalam Dase menyebut ada dua orang yang kecelakaan satu dirawat di RS AMC dan satu orang masih di observasi.

"Jadi korban ada dua orang,"tandasnya.

Sekedar diketahui rombongan Pramuka melaksanakan Bumi Perkemahan Kiara Payung, di Dusun Cikeuyeup, Desa Sindangsari, Kecamatan Sukasari, Sumedang.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini