HMI Ubhara Jaya Lakukan Bina Desa di Muara Gembong Bekasi

Redaktur author photo
Pengurus dan anggota HMI Ubhara Jaya Bekasi berpose bersama usai laksanakan program Bina Desa.

inijabar.com, Kabupaten Bekasi- Pelaksanaan program Bina Desa yang merupakan sebuah pilot project dari program HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Memgabdi yang dilaksanakan oleh HMI Komisariat Universitas Bhayangkara (Ubara) Jaya Bekasi dari tanggal 1 sampai 3 Desember 2023 lalu terbilang sukses.

Acara yang memgambil lokasi di Kampung Muara Pecah, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi ini diikuti lebih dari 30 panitia.

Pengabdian HMI Komisariat Ubhara Jaya ini merupakan program kerja unggulan di kepengurusan Komisariat periode 2022-2023.

Ketua Umum HMI Komisariat Ubhara Jaya Afwan Setiawan menjelaskan, kegiatan pengabdian kepada anak-anak pesisir dan masyarakat  ini baru pertama kali di lakukan oleh HMI Komisariat Ubhara Jaya, sebagai Pilot Project awal yang nantinya bisa dilakukan secara sustainable ke desa desa berikutnya yang ada di Kota dan Kabupaten Bekasi.

"Kita fokuskan dahulu di wilayah Bekasi dalam Program Bina Desa ini dan bisa dilanjutkan oleh generasi HMI Komisariat Ubhara Jaya berikutnya,"ucap Afwan. Kamis (21/12/2023).

Selain sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi, lanjut dia, kegiatan ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan kepedulian mahasiswa yang tergabung di HMI Komisariat Ubhara Jaya  kepada anak-anak nelayan wilayah pesisir yang berlokasi di kampung Muara pecah.

Sebagaiman yang selaras dengan pasal 4 tujuan HMI yaitu Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan Islam, dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang di ridhoi Allah SWT.

Afwan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut. Dari mulai kader HMI Komisariat Ubhara Jaya, Dosen Kampus Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Senior Alumni HMI Komisariat Ubhara Jaya, HMI Cabang Bekasi, Senior MD Kahmi Kota dan Kabupaten Bekasi, maupun donasi dari hamba Allah yang telah memberikan sumbangsih penuh pada program Bina Desa ini.

"Alhamdulillah, kegiatan yang telah berjalan lancar selama tiga hari ini di mulai dari tanggal 1-3 Desember 2023" ungkapnya. 

Kegiatan tersebut diisi dengan memberikan pengajaran, pemantapan baca, pemantapan huruf abjad latin, bermain dan games psikomotorik anak, serta pembagian hadiah kepada anak-anak di SDN Pantai Bahagia 03 dan juga di rumah warga disaat sekolah libur.

Agenda penelitian dan sosialisasi ke warga masyarakat kampung Muara Pecah juga dilakukan oleh HMI Komisariat Ubhara Jaya.

"Ada beberapa point yang menjadi aspirasi masyarakat yang masih menjadi harapan warga setempat, yakni perihal akses jalan, penerangan jalan, normalisasi muara,  pendidikan, dan ekonomi, yang dimana mata pencaharian masyarakat kampung Muara Pecah sebagai nelayan yang berkeluh kesah soal adanya limbah dari aliran sungai,"ujarnya.

Di hari ke tiga kegiatan tersebut digelar  acara swremonial penutupan di Aula Kantor Kecamatan Muara Gembong yang dihadiri juga Kasie Pemerintah Kecamatan Muara Gembong Hasan Basri, dan Kepala Bidang PTKP HMI Cabang Bekasi.

"Harapan kami pasca dari giat Bina Desa di Kampung Muara Pecah ini, bisa menjadikan kampung muara pecah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah baik tingkat Provinsi Kabupaten,"pungkas Afwan

Kasie Pemerintahan Kecamatan Muaragembong Hasan Basri mengatakan, kampung Muara Pecah belum masuk jalan kabupaten Bekasi (keuangan adanya di dana desa),

"Di kecamatan Muara gembong ini bukan lambat pembangunannya, tetapi karena kewenangan,"ujar Hasan Basri.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini