Ini Alasan KPU Ciamis Terpaksa Gunakan 4 Gudang Untuk Simpan Logistik

Redaktur author photo
Ketua KPU Ciamis Sarno Maulana Rahayu

inijabar.com, Ciamis-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ciamis menggelar rapat kordinasi evaluasi badan Ad Hoc penyelengara pemilu tingkat PPS dan Bimtek (Bimbingan Teknis) pengelolaan logistik untuk PPK dan PPS se Kabupaten Ciamis pada pemilu 2024 di Gedung Taluh Taruna (GGT) Ciamis pada Sabtu (23/12/2023).

Menurut Ketua KPU Kabupaten Ciamis Sarno Maulana Rahayu, bahwa ini evaluasi untuk memastikan tahapan pemilu dilakukan oleh semua badan Adhoc dari mulai PPK sampai PPS sesuai dengan regulasi.

"Untuk kesiapan lainnya adalah soal kesiapan petugas PPK sampai PPK dalam keadaan siap menjaga integritas 24 jam terus bisa dilaksanakan,"tegas Sarno pada media Sabtu (23/12/2023).

Untuk logistik di KPU Ciamis ada tiga jenis logistik untuk di TPS ada dukungan perlengkapan lainnya. Seperti kotak suara, bilik suara, tinta, kemudian segel, paku.

"Ini (logistik) sudah ada di gudang KPU. Untuk surat suara baru ada dua yakni surat suara PPDP dan suarat suara DPD,"ungkapnya.

"Untuk surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten sedang dalam proses percetakan. Jadwanya sudah ada untuk DPRD Kabupaten tanggal 28 Desember 2023 sudah didistribusikan dari percetakan ke KPU. Dan untuk DPR RI dan DPRD Provinsi menyusul,"sambung Sarno.

KPU Ciamis, kata Sarno menyiapkan 4 gudang logistik dan ditambah gudang yang ada di KPU. Hal ini dilakukan mengingat KPU Ciamis tidak memiliki gudang sesuai regulasi KPU dari jumlah dan volumenya.

"Maka dengan 4 gudang ini lah regulasi baik jumlah dan volumenya bisa terpenuhi. Jadi di Ciamis tidak punya satu gudang yang representatif sesuai aturannya,"ujarnya.

Empat gudang tersebut ada di gudang Rahayu, di Sepat, Depok, dan di Desa Cisadap.

Sarno menyatakan untuk Sorlip (sortir dan lipat) kertas suara, KPU Ciamis butuh sekitar 3 ribuan petugas Sorlip.

"Kemarin saat Rapim, diputuskan untuk Sorlip. Karena sorlip itu kan bagian dari invetarisasi dan pemeliharaan. Tapi untuk sorlip ini kan kita mengundang pihak ketiga. Jadi kita mempersiapkan untuk rekrutmen tenaga sorlipnya. Sekitar 300 orang Sorlip. Untuk jadwal waktunya belum,"ucapnya.(edo)





Share:
Komentar

Berita Terkini