Ketua P4S Karangsari Janji Kedepan Tingkatkan SDM Petani Cabe dan Sayuran

Redaktur author photo
Anggota DPRD Ciamis Pipin Arif Apilin

inijabar.com, Ciamis- Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Karangsari, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri berhasil mendapatkan piagam penghargaan dari Kementerian Pertanian RI, atas dedikasi dan peran aktif di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian. 

Ketua P4S Karangsari Pipin Arif Apilin mengatakan, penghargaan tersebut diterima pada tanggal 23 Desember 2023 di Lido Sukabumi.


"Iya betul, menjelang akhir tahun 2023 ini P4S Karangsari mendapatkan penghargaan dari Mentan,"ucap pria yang juga anggota DPRD Ciamis itu saat dikonfirmasi, Minggu (31/12/2023). 

Pipin menjelaskan, P4S Karangsari memiliki komoditi unggulan yakni Cabai dan Sayuran lainnya dengan luas tanah yang digarap sekitar 40 hektare. 

Selain itu, sebagai pusat pelatihan pertanian P4S Karangsari juga rutin memberikan pelatihan kepada para petani milenial ditingkat SMK, perguruan tinggi, masyarakat petani Ciamis serta pensiunan. 

"P4S penyuluh swadaya yang tanpa dibayar pemerintah mereka sangat membantu petani di Ciamis dan diluar Ciamis walaupun anggaran swadaya Alhamdulillah P4S Karangsari bisa meraih prestasi," ucapnya. 

Lebih lanjut, Pipin menyatakan, P4S Karangsari sudah berdiri sejak Tahun 2000 dan sudah memberikan kontribusi yang sangat baik untuk para petani yang bergerak dibidang Agrikultural di Kabupaten Ciamis hal itu dibuktikan dengan penghargaan yang diberikan oleh Mentan. 

Kendati demikian, Walaupun P4S untuk pembiayaan dari para anggota yang tergabung mudah mudahan kedepan nya pemerintah Pipin berharap agar kedepan P4S lebih bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Ciamis. 

"Kedepan bukan hanya prestasi yang harus kami raih tetapi juga meningkatkan kualitas SDM petani khususnya petani cabe dan sayuran yang banyak dijadikan tempat magang berlatih," jelasnya. 

Tidak lupa dia juga berterimakasih kepada Mentan dan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) atas penghargaan yang sudah diberikan. 

"Prestasi ini tidak akan membuat jumawa, kami akan terus berupaya meningkatan SDM petani dibidang agrikultural dan mengedepankan petani milenial," pungkasnya.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini