Selama 3 Hari Bawaslu Ciamis Beri Pembekalan Pada Saksi Parpol dan Tim Kampanye

Redaktur author photo


inijabar.com, Ciamis- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ciamis menggelar pelatihan saksi partai politik Pemilu 2024 yang digelar di Hotel Tyara jalan Sudirman Ciamis.

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 24 sampai 26 Desember 2023. Dihadiri peserta dari perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024.

Selain itu perwakilan Saksi Capres dan Cawapres, Saksi DPR/DPRD, DPD, Pemantau Pemilu dan Jurnalis. 

Dalam sambutan Ketua Bawaslu Ciamis Jajang Miftahudin  sekaligus membuka acara yang diberi nama Fasilitasi Pelatihan Saksi Partai Politik/ Tim Kampanye Pemilu 2024.

"Secara TOR (term of reference) dari hasil pelatihan ini dapat menghasilkan para instruktur (pelatih) para saksi tiap parpol untuk diedukasikan ilmunya,"ucap Jajang.

"Kita semua harus aktif mencermati setiap pergerakan ataupun setiap proses pemungutan suara tersebut terlebih terkait dengan bakal pemilih. Jika ada kecurangan atau pun intimidasi, hal hal negatif bila mana saksinya tidak profesional maka kan berbahaya bagi demdemokra,"tuturnya.

Jajang menjelaskan, untuk satu partai politik terdapat 15 saksi, dan di kabupaten Ciamis ada 6 dapil jadi untuk satu dapil terdapat 2 orang saksi. 

"Nanti setelah pelatihan mari kita sebarkan kebaikan di parpol karena di masing masing partai. Kita sudah kasih buku panduan saksi,"jelasnya.

"Para saksi di lokasi TPS bisa mendeteksi jika ada tanda-tanda adanya politik uang dan melaporkannya kepada pihak berwajib,"tandasnya.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini