Sindiran Jokowi Ada Juga di Kota Bekasi, 2 Kantor Ini Mirip Kantor Sekretariat Salah Satu Partai

Redaktur author photo
Gedung Bawaslu dan kantor kelurahan Jatirasa mirip kantor salah satu partai

inijabat.com, Kota Bekasi- Pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyinggung soal identitas sebuah kota yang terlihat dari partai politik asal wali kotanya. Identitas tersebut menurut Jokowi terlihat dari warna identitas parpol yang juga dimasukkan dalam sejumlah bangunan di kota.

Hal itu juga mengusik ingatan masyarakat di Kota Bekasi. Pasalnya saat Tri Adhianto yang juga sebagai Ketua DPC PDIP Kota Bekasi itu menjabat sebagai Plt Walikota Bekasi selama 2 tahun memimpin, terlihat sejumlah bangunan pemerintah dan lembaga vertikal berubah warna nya sesuai dengan warna afiliasi partainya.

Salah satu bangunan tersebut kantor kelurahaan Jatirasa Kecamatan Jatiasih. Kantor yang direnovasi dengan nilai miliar an itu terlihat berbeda dengan kantor kelurahan lain yang ada di Kota Bekasi.

Warna merah sengaja dibuat di beberapa pilar bangunan kelurahan yang dulu sangat kental dengan warna  Kota Bekasit yakni waran hijau dengan perpaduan warna krem sama seperti kelurahan lain nya di Kota Bekasi.

Kantor kelurahan Jatirasa Kecamatan Jatiasih mirip kantor salah satu partai

Selain gedung kelurahan Jatirasa, ada juga gedung kantor Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Kota Bekasi yang baru selesai dibangun tahun ini.

Gedung Bawaslu itu mirip.dengan kantor kelurahan Jatirasa, dimana pilar depan gedung itu diwarnai merah sesuai dengan afiliasi partai dari Tri Adhianto.

Kini Pemerintahan Kota Bekasi dipimpin seorang Pj Walikota Raden Gani Muhamad yang seorang ASN yang tunjuk oleh Mendagri. Masyarakat Kota Bekasi pastinya berharap warna kedua gedung tetsebut dikembalikan seperti layaknya ciri khas warna Kota Bekasi.

"Beruntung Tri mimpin Kota Bekasi cuma 2 tahun. Coba kalau sampai 5 tahun memimpin. Pasti kantor kelurahan semua nya kaya kantor DPC,"ucap pegiat budaya yang juga wartwan senior Binsar Sihombing saat dimintai komentarnya. Sabtu (16/12/2023).

Binsar juga meminta Pj Walikota Bekasi untuk mengganti warna cat dua kantor yang dibiayai APBD Kota Bekasi tersebut dengan warna khas Kota Bekasi yakni hijau dan warna Krem.

"Emangnya gedung itu dibangun pakai duit partai. Kan itu dana dari APBD artinya milik semua rakyat Kota Bekasi dari berbagai warna dan pilihan politiknya. Kami minta Pak Raden Gani untuk mengganti warna cat itu kelurahan Jatirasa dan gedung Bawaslu Kota Bekasi,"tegasnya.

Ini salah satu kelurahan dari 56 kelurahan di Kota Bekasi yang masih mencirikan khas warna Kota Bekasi.


Seperti diketahui, Presiden Jokowi menyentil warna bangunan di setiap daerah tergantung afiliasi partai nya.

"Saya kadang-kadang kalau masuk ke sebuah kota dari si cat-nya saja sudah tahu ini dari partai apa (pemimpinnya). Masa warna partai masuk ke kota, ini enggak sambung kan, tapi dipaksakan," ujar Jokowi saat meresmikan pembukaan Musyawarah Nasional Luar Biasa Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2023, Bogor, sebagaimana dilansir siaran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (15/12/2023)

Sehingga dirinya pun cepat mengidentifikasi wali kota tersebut berasal dari parpol tertentu. 

"Kalau saya sudah hampir setiap hari sih ke daerah jadi tahu oh ini dari partai ini wali kotanya, ini dari partai ini,"tandas Jokowi.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini