Bupati Apresiasi Film Ajian Kemat Jaran Goyang Mengangkat Budaya Lokal Cirebon

Redaktur author photo
Bupati Cirebon H.Imron

inijabar.com, Kabupaten Cirebon - Film Ajian Kemat Jaran Goyang mulai di produksi. Film Ajian Kemat Jaran Goyang di angkat dari cerita sandiwara tarling tradisional Baridin dan Suratminah. 

Film ini memiliki nilai filosofi budaya bagi masyarakat Cirebon dikatakan Bupati Cirebon, H. Imron saat syuting film tersebut di Desa Sindangjawa Kabupaten Cirebon. Selasa (16/1/2024)

"Saya mengapresiasikan kepada pembuat film ini karena film ajian kemat jaran goyang ini adalah cerita masyarakat yang ada di Cirebon dan sekarang di angkat menjadi film," jelas Imron.

Imron menyampaikan, film tersebut di buat aga masyarakat mengenal tentang budaya Cirebon. Selain itu kepada generasi muda atau generasi z supaya mencintai seni dan budaya atau daerahnya masing-masing.

Pihaknya mengingatkan kepada generasi z di era globalisasi anak-anak muda jangan sampai budaya-budaya luar ini menguasi budaya-budaya lokal kita, 

"Kita harus bisa melestarikan seni dan budaya lokal agar masyarakat mengerti dan paham serta mencintai budaya dan seni daerahnya," ungkapnya.

Sementara itu, Kuwu Sindangjawa, Yayat menuturkan, sangat mengapresiasikan dengan adanya syuting film Baridin, masyarakat Sindangjawa ini jadi lebih mengenal budaya Cirebon, 

Menurutnya, kru ini baskemnya di Sindangjawa sehingga dampak ke masyarakat itu sangat positif baik itu dampak ekonomi dan ilmu-ilmu budaya, apalagi dengan ditempati syuting oleh Bupati Cirebon. 

"Dengan adanya kegiatan ini masyarakat Sindangjawa lebih termotivasi dengan adanya kunjungan Bupati dalam rangka membangun Desa Sindangjawa lebih maju," ucapnya. (Fi)

Share:
Komentar

Berita Terkini