Dikasih Deadline Warga Cires, Ini Jawaban Resmi MAJ Apartemen Suites

Redaktur author photo

 


inijabar.com, Kota Bekasi- Menjawab deadline yang diberikan warga RW 018 Cibubur Residence terkait 11 kompensasi yang disampaikan dalam mediasi di kantor Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Bekasi pada Kamis 25 Januari 2024.

Akhirnya pihak PT.Amarta Gemilang Indotopaz selaku pengembang dari MAJ Apartemen secara tertulis menyampaikan jawaban yang ditujukan kepada Camat Jatisampurna Nata wirya dan Kabid Tata Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kota Bekasi Disa Uniflora.

Dalam surat yang ditandatangani oleh  Thomas H.Aslim tertanggal 26 Januari 2024 berisi pertama, penegasan pihaknya yang telah melaksanakan proses dan sampai didapatnya perizinan IMB termasuk rekomendasi Andalalin, Siteplan, kelayakan lingkungan hidup sesuai AMDAL dari Pemkot Bekasi secara benar sesuai prosedur.

Yang kedua, atas terbitnya perizinan tersebut pihak MAJ Apartemen melaksanakan pembangunan proyek apartemen sesuai komitmen dengan rekanan dan konsumen nya.

Ketiga, terkait aspirasi warga di sekitar Majapahit Suite khususnya warga Cibubur Residence (Cires) akan dilakukan beberapa hal terkait air bersih standar untuk mandi, makan dan minum akan dilakukan pengecekan pada rumah warga yang berpotensi dan yang terdampak apakah karena dampak proyek atau sebab lain. 

Selain itu, telah ada jaringan PDAM yang bisa warga manfaatkan sebagai hasil kerjasama pengembang dengan Perumda Tirta Patriot.

Terkait asuransi kesehatan yang diminta warga. Bahwa asuransi warga terdampak sudah tercover oleh Contsruction All Risk proyek developer. Tentunya untuk menjaga fairness (keadilan) ada batasan-batasan yang perlu disepakati bersama terkait penyelidikan penyebab penyakit apakah karena dampak proyek atau sebab lain termasuk jenis penyakit yang masuk dalam  perlindungan asuransi memerlukan konfirmasi dari provider asuransi.

[cut]


"Pihak Cires bisa menyampaikan secara tertulis batasan kriteria tersebut,"tulis pengembang Majapahit Suite.

Soal saluran air tertutup dengan kedalaman 1 meter antara Cluster Brasswood dan Apartemen Majapahit Suite. Pihak apartemen mengaku sudah membuatkan saluran baru sesuai diskusi dengan perwakilan warga.

"Dan sesuai pengamatan kami sudah berfungsi baik sebagaimana mestinya. Pihak developer siap memperbaiki. Sedangkan untuk saluran proyek sudah punya sendiri dan tidak mengganggu warga,"tulisnya lagi.

Untuk asuransi kerusakan rumah yang terdampak maupun yang potensi terdampak sudah tercover Construction All Risk proyek developer. Pihaknya akan melakukan pengecekan ke rumah warga yang terdampak dan potensi terdampak agar warga Cires bisa membantu proses pemeriksaanya.

Terkait soal pengurasan septic tank dilakukan secara rutin sebelum pengeboran tanah. Hal itu kata pengembang, memerlukan pengecekan lebih lanjut. Pihak developer akan menyelidiki penyebab dampak yang ditimbulkan alat proyek secara bersama warga.

Soal Jaminan dana darurat untuk Cluster Brasswood. Pihak Majapahit Suite belum menganggap belum jelasnya kegunaan dana tersebut maka belum dapat dipenuhi.

Kompensasi terhadap dampak yang tidak bisa dihilangkan. Pihak developer mengaku berkomitmen meminimalisir dampak dari alat proyek maka akan dilakukan penyelidikan seberapa besar dampak dari alat proyek pada warga. Salah satu yang telah dilakukan developer dengan mengganti mesin bore pile dengan alat serupa yang tidak mengeluarkan suara keras sebelumnya.

Maka pihak developer belum bersedia memberikan kompensasi terhadap kondisi tersebut.

Terkait pernyataan warga bahwa pihak developer belum memberikan apapun pada warga Cires. 

1. Pada awal perencanaan warga Cires meminta agar leveling tanah Majapahit Suite disamakan dengan level rumah-rumah warga yang berbatasan langsung dengan Majapahit Suites dan itu diakomodir oleh developer dan mengubah design sesuai permintaan tersebut.

[cut]



2. Developer tidak memundurkan batas perimeter di tanah developer sendiri. Dan membangun tembok dan saluran untuk kepentingan warga Cires yang berbatasan langsung. Biaya yang timbul keseluruhannya ditanggung developer.

3. Developer berupaya menunjukan kerjasama yang baik dengan warga sekitar terutama dalam penyerapan lapangan kerja bagi warga dan dukungan berbagai kegiatan sosial.

4. Atas permintaan supply air bersih sebagai alternatif air tanah bagi warga. Pihak developer bekerjasama dengan Perumda Tirta Patriot yang bisa dimanfaatkan warga RW 016 dan 018 Perum Cires Jatisampurna dan RW 01 Jatikarya. Warga dipersilahkan menghubungi Perumda Tirta Patriot untuk penyambungan pipa ke rumah warga.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini