KPU Ciamis Libatkan Disabilitas Jadi Petugas Pelipat Kertas Suara Pemilu 2024

Redaktur author photo


inijabar.com, Ciamis- Sebanyak 300 petugas dari total 550 petugas sortis dan pelipat kertas suara Pemilu 2024 sudah mulai bekerja di gudang logistik Cissadap kecamatan Ciamis. Selasa (9/1/2024).

Menurut Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Ciamis Oong Ramdhani, dari 300 petugas tersebut dibagi dalam 30 kelompok.

"Ada satu kelompok yang melibatkan para disabilitas yang dilibatkan dalam proses pelipatan surat suara,"ungkap Oong.

"Para petugas yang dilibatkan itu merupakan warga yang tinggal di sekitar kantor KPU Ciamis dan warga di sekitar gudang,"ujar Oong. Selasa (9/1/2024).

Untuk honor yang akan diterima oleh petugas itu, kata dia, yakni untuk surat suara Pilpres Rp200 per lembarnya dan untuk DPD, DPR, DPRD propinsi Dan DPRD kabupaten Rp260 per lembar.

"Adapun untuk total petugas yang nantinya akan dilibatkan sebanyak 550, orang. Untuk shift pertama tadi 300 Orang kemudian nanti untuk shift duanya sebanyak 250 orang,"ucapnya.

Para petugas tersebut akan bekerja selama 10 hari kedepan harus sudah selesai.

Untuk keamanan, kata Oong, sejak pagi hari para petugas itu sebelumnya dicek terkait barang-barang bawaan yang akan berpotensi nantinya merugikan dirinya sendiri dan merugikan yang lainnya.

 "Seperti tadi juga para petugas itu diberikan ID card untuk bisa masuk ke dalam gudang logistik KPU dan begitupun nanti ketika mereka pulang diperiksa kembali untuk mengantisipasi adanya warga yang terlibat dipelipatan surat suara takut nya ada yang nakal, curang membawa surat suara ke luar gedung. Jadi kita kami aantisipasi"pungkasnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini