Ribuan Petugas KPPS se Kabupaten Ciamis Dilantik Serentak

Redaktur author photo


Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan jajaran Forkopimda Ciamis berposes saat acara Pelantikan petugas KPPS se Ciamis.

inijabar.com, Ciamis- Ribuan Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Ciamis resmi dilantik secara serentak oleh KPU Ciamis di gedung KH. Irfan Hielmy pada Kamis (25/1/2024).

Kegiatan pelantikan dilaksanakan secara serentak nasional di berbagai daerah termasuk di Kabupaten Ciamis yang dilaksanakan secara hybrid di tiap Kecamatan Desa Kelurahan dengan berpusat di Gedung KH Irfan Hielmy, Kamis (25/01/2024). 

Diketahui, tahapan proses pembentukan KPPS 2024 sudah berlangsung sejak bulan Desember 2023 hingga awal Januari 2024. Pembentukan tersebut berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dalam Keputusan KPU Nomor 1669 Tahun 2023. 

Herdiat Sunarya dalam sambutannya, menekankan peran krusial yang dimainkan oleh KPPS dalam menentukan kesuksesan pelaksanaan pemilu.

Dia menegaskan, tanggung jawab besar ada di pundak KPPS dalam menjalankan tugasnya.

"Keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan pemilu sangat bergantung pada kinerja para anggota KPPS. Mereka memiliki peran sentral dalam memastikan proses pemungutan suara berjalan lancar, adil, dan transparan," ujar Herdiat. 

Guna memastikan profesionalisme dan integritas, Bupati juga meminta agar anggota KPPS menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi. 

"Selamat kepada seluruh anggota KPPS yang baru dilantik, saya berharap saudara semua dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional dan menjaga netralitas," tambahnya.

Pernyataan Herdiat ini menggaris bawahi pentingnya peran KPPS dalam menentukan legitimasi dan kepercayaan masyarakat terhadap hasil pemilu. 

Masyarakat diharapkan dapat memberikan dukungan penuh terhadap kinerja KPPS agar proses demokrasi dapat berjalan dengan baik di Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, Sekretaris KPU Jabar Ahmad Saifudin Rahardian mengatakan, KPPS memiliki peran yang sangat penting sebagai penyelenggara pemilu dengan salah satu tugasnya melakukan pemungutan dan penghitungan suara. 

Ia juga menyampaikan acara pelantikan KPPS tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dan meraih rekor MURI sebagai pelantikan, Bimtek, penanaman pohon terbanyak secara serentak. 

"Dengan pelantikan yang dilanjutkan dengan Bimtek ini KPU berkomitmen meningkatkan kualitas layanan, dimana tahun ini semua anggota KPPS ikut serta dalam bimtek berbeda dengan pemilu sebelumnya yang hanya diikuti oleh ketua KPPS," jelasnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini