496 Mahasiswa Unigal Lakukan KKN di 22 Desa di Ciamis

Redaktur author photo


Peserta KKN dari Univeristas Galuh (Unigal) Ciamis berpose dengan Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna

inijabar.com, Ciamis- Pj. Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna resmi melepas sebanyak 496 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Galuh Ciamis (Unigal) Periode 1 Tahun akademik 2023-2024, pada Kamis (30/5/2024) pagi, di halaman Pendopo Ciamis.

Tema yang diambil dalam pelaksanaan KKN kali ini adalah 'Peningkatan kapasitas Masyarakat melalui pemanfaatan Lingkungan dan Budaya'.

Mahasiswa diharapkan nantinya dapat memberikan ide-ide dan gagasan sehingga dapat melahirkan Inovasi guna pembangunan masyarakat dengan memanfaatkan kearifan lokal yang ada di daerah.

Engkus yang pada kesempatan tersebut bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) mengamanatkan kepada seluruh peserta KKN agar para mahasiswa Unigal di tengah-tengah masyarakat dapat memecahkan persoalan yang ada di masyarakat. 

Selain itu mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi sekaligus memecahkan masalah yang tumbuh di masyarakat dengan pendekatan kolaborasi Pentahelix, di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan.

"Guna mendukung terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan dan menjadi bahan masukan bagi kita untuk perbaikan di masa yang akan datang,"ujar Engkus.

Lebih lanjut beliau mengamanatkan kepada para mahasiswa agar lebih meningkatkan kepedulian dan empati kepada permasalahan yang dihadapi masyarakat. 

“Dengan kegiatan KKN ini diharapkan dapat terbentuknya perubahan perilaku mahasiswa sebagai pelaku perubahan (agent of changes) dalam proses perubahan masyarakat sehingga menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Sementara Wakil Rektor 1 Universitas Galuh Dr. drh, Agus Yuniawan Isyanto, M.P.  menyampaikan, pelaksanan KKN tersebut akan dilaksankan di 22 Desa yang terletak di dua Kecamatan.

“Lokasinya di 22 Desa yang terletak di Kecamatan Cijeungjing dan Cisaga Para mahasasiwa KKN Period ke 1 Tahun Akademik 2023/2024 akan melaksanakan KKN mulai Tanggal 30 Mei – 20 Juni 2024,” ungkapnya.

Agus juga menyampaikan terima kasih nya kepada Pemkab Ciamis atas penerimaannya kepada para peserta KKN, baik dalam pelepasan kali ini ataupun penerimaan di daerah nanti.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini