Dishub Ciamis Lakukan Ramp Check Pada 12 Bus dan 1 Truk Rombongan Haji

Redaktur author photo

 

Petugas Dishub Ciamis saat melakukan Ramp Check pada 12 bus rombongan haji asal Ciamis.

inijabar.com, Ciamis- Sebanyak 12 bus dan 1 truk dilakukan Ramp Check (uji kelayakan). Pasalnya armada tersebut untuk pemberangkatan jamaah haji asal Ciamis.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Dadang Mulyatna, uji kelayakan terhadap armada jamaah haji tersebut dari semua komponen.

"Iya mulai dari Ban, fungsi rem, wipper, kemudian lampu-lampu, AC, tempat duduk, pintu, terutama pintu darurat. Karena kita bawa jamaah haji, tamu Allah, agar selamat sampai tujuan dan pulang lagi ke Ciamis,"ujar Dadang. Rabu (22/5/2024).

Adapun jamaah yang berangkat 80 persen nya adalah lansia (lanjut usia). Jadi, kata Dadang, dirinya meminta penguji Ramp Cek untuk meneliti betul, dan mengecek kondisi kendaraan.

"Baik infrastruktur maupun supratruktur nya harus bener-bener terpenuhi sesuai standar dari permintaan PPIH (Petugas Pemberangkatan Ibadah Haji). Nah kita upayakan seperti itu,"kata Dadang.

"Alhamdulilah dari pemilik kendaraan hampir mendekati standar. Makanya kita cek. Nah hasilnya kita sampaikan lagi kepada pengusaha (armada bus). Hari ini ada progres baik dari pengusaha mudah-mudahan selamat sampai tujuan,"tuturnya.

Selain itu, kata Dadang, pihaknya sudah melakukan briefing dengan Organda Ciamis terkait awak angkut baik supir maupun kondektur.

"Jangan sampai driver dan kenek menggunakan penyalah gunaan obat-obat terlarang. Karena awak angkut membawa tamu Allah,"ucapnya.

Dadang menegaskan, dari pemeriksaan kondisi 12  kendaraan bus tersebut masih muda keluaran tahun 2016-2017.

"Iya sekitar usia 5 sampai 7 tahun lah. Masih muda lah. Mudah-mudahan tidak ada kendala di lapangan,"tandasnya.(diki)

Share:
Komentar

Berita Terkini