Dishub Uji Kelayakan 12 Bus Yang Akan Dipakai Study Tour ke Jogja SMAN 1 Kawali

Redaktur author photo


inijabar.com, Ciamis-  Sebanyak 12 Bus Pariwisata yang akan digunakan siswa-siswi SMAN 1 Kawali untuk Study Tour ke Yogyakarta, dilakukan Ramp Check atau kelayakan kendaraan di area Kantor Dishub Ciamis pada Sabtu (18/5/2024).

Hal itu dilakukan guna meningkatkan dan mewujudkan keselamatan dalam pelaksanaan study tour sesuai Surat Edaran Nomor : 64/PK.01/Kesra yang mengatur tentang pelaksanaan study tour yang dikeluarkan Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin

Menurut Kepala UPTD Dishub Ciamis Euis Lia Saputri, bahwa Ramp Check bertujuan untuk memastikan kelayakan teknis dari Bus Pariwisata yang beroperasi di wilayah Kabupaten Ciamis. 

"Dalam kegiatan Ramp Check dilakukan pemeriksaan terhadap kendaraan Bus Pariwisata sejumlah 12 unit bus. Kami melaksanakan pengecekan kendaraan berupa rem depan dan rem belakang, uji lampu, kondisi ban, sistem suspensi serta kelengkapan keselamatan bus terdiri dari alat pemadam api ringan, pemecah kaca dan pintu darurat,"ungkapnya.

Euis menyatakan, kegiatan Ramp Check tidak hanya berfokus pada aspek teknis, tetapi juga mencakup aspek keselamatan operasional dan pengawasan ketat terhadap kelayakan pengemudi yang terdiri dari buku uji KIR, STNK dan lainnya. 

Hal ini menjadi langkah penting dalam memastikan setiap perjalanan yang dilakukan dengan tingkat keselamatan secara optimal.

Senada dikatakan, Kepala Bidang Angkutan, Siti Dj yulianti menyampaikan pelaksanaan jadwal Ramp Check untuk Bus Pariwisata yang akan study tour. 

"Untuk Bus Pariwisata dilakukan Ramp Check h-1 sebelum pemberangkatan study tour apabila dilakukannya seminggu sebelum pemberangkatan hasil dari ramp check akan berubah. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan perjalanan transportasi yang lebih aman,"pungkasnya.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini