Guru di SMPN 44 Kota Bekasi Ikuti Workshop Perencanaan Pembelajaran Efektif

Redaktur author photo
Para guru di SMPN 44 Kota Bekasi berpose bersama para pemateri dari President University usai mengikuti Workshop Perencanaan Pembelajaran yang Efektif.

inijabar.com, Kota Bekasi- SMPN 44 Kota Bekasi  mengadakan workshop bertema 'Meningkatkan Kualitas Pembelajaran  melalui Perencanaan Pembelajaran yang Efektif' bertempat di sekolah yang berlokasi di wilayah Kecamatan Bekasi Utara tersebut pada Senin (27/5/2024).

Kepala Sekolah SMPN 44, Drs. H Dwi Kusdinar menjelaskan, Workshop ini bekerjasama dengan President University Cikarang ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah melalui pengembangan kompetensi guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang efektif.

"Acara ini dilaksanakan selama empat hari yang diikuti oleh seluruh guru SMPN 44 dengan pemateri oleh tim dosen dari President University yang ahli di bidang pedagogi,"ujarnya. 

Pada hari pertama, (29/4/2024) para guru mendapatkan materi tentang konsep dasar perencanaan pembelajaran, komponen-komponen penting dalam rencana pembelajaran, dan strategi menyusun rencana pembelajaran yang efektif.

Para guru SMPN 44 Kota Bekasi saat mengikuti workshop.

Kemudian, lanjut Dwi, pada hari kedua (13/5/2024) para guru dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk mengikuti presentasi dari MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) sekolah, masing-masing  tentang perencanaan pembelajaran. Presentasi ini bertujuan untuk saling berbagi praktik terbaik dan pengalaman dalam menyusun rencana pembelajaran.

Di hari ketiga (17/5/2024) beberapa guru dipilih secara acak untuk mengikuti sesi micro teaching. Dalam sesi ini, para guru mengajar di depan rekan-rekan mereka dan mendapatkan masukan dan saran untuk meningkatkan kualitas mengajar.

Sedangkan pada hari terakhir, Senin (27/5/2024) para guru mengikuti sesi Lesson Study. 

Dijelaskan Dwi, Lesson Study merupakan metode pengembangan profesional guru yang berfokus pada observasi, refleksi, dan kolaborasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dirinya berharap melalui workshop ini, para guru dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam menyusun rencana pembelajaran yang efektif, sehingga kualitas pembelajaran di sekolahnya dapat meningkat.

"Saya berharap workshop ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para guru dan ultimately meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 44,"pungkasnya.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini