Herdiat Potensi Lawan Kotak Kosong, Tokoh Pemuda Ciamis: Bukti Gagalnya Kaderisasi di Parpol

Redaktur author photo

 

Tokoh pemuda Ciamis Dian Budiana

inijabar.com, Ciamis- Mantan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang bakal maju kembali di Pilkada 2024 sebagai Bakal Calon Bupati Ciamis berpotensi tidak ada lawan atau istilahnya melawan kotak kosong.

Masih kuatnya elektoral Herdiat, membuat semua kekuatan partai politik yang ada di Ciamis termasuk beberapa tokoh masyarakat hanya memberi opsi pendamping Herdiat di Pilkada Ciamis.

Salah satunya diungkapkan Tokoh Pemuda kelurahan Ciamis Dian Budiana. Menurut dia, sosok Herdiat masih terlalu kuat (elektoral) di Ciamis.

"Siapa coba yang berani menjadi lawan pak Herdiat. Kan semua mewacanakan untuk pendamping (cawabup) beliau (Herdiat),"ujar Dian Budiana. Senin (27/5/2024).

Sebagai pemuda Ciamis, kata dia, masyarakat harus selektif  memilih pemimpin untuk 5 tahun kedepan.

Ada beberapa figur yang sudah muncul di publik untuk mendampingi Herdiat Sunarya di Pilkada 2024.

[cut]


"Dari empat tokoh yang muncul untuk mendampingi Pak Herdiat kan harus bisa meraih hatinya Pak Herdiat. Karena gini, pak Herdiat itu kan kedepannya (setelah 5 tahun) pasti tidak mencalonkan lagi sebagai Bupati. Nah otomatis pak Herdiat harus menurunkan atau estafet kepemimpinannya. Pertanyaanya siapa yang akan meneruskan estafet kepemimpinan itu,"ungkap Dian.

Jadi, kata Dian, siapapun yang akan menjadi wakil Herdiat nantinya akan punya potensi memimpin. 

Dia menjelaskan, politik itu memerlukan cost politik yang cukup besar. Begitupun dengan Herdiat saat awal mencalonkan sebagai Bupati Ciamis sudah mengeluarkan aggaran politik cukup besar.

"Dan kalau sekarang dia (Herdiat) mencalonkan lagi. Tidak mungkin lagi jor-joran dengan anggaran besar. Nah ada ga dari calon pendampingnya yang bisa membantu cost politik tadi,"bebernya.

Saat ditanya, siapa yang paling cocok menurut pribadinya sebagai pendamping Herdiat di Pilkada 2024.

"Ini bukan kampanye ya. Kalau menurut  pendapat pribadi saya sih A'Opik (Kadis PUPRP Ciamis). Karena gini yah. Kita harus memiliki pemimpin yang mengerti melayani masyarakat dengan baik,"tuturnya.

[cut]


Dian juga menyindir kaderisasi partai politik di Ciamis sehingga tidak ada tokoh yang bisa diusung melawan Herdiat Sunarya.

"Menurut saya mah itu kegagalan dari partai politik itu sendiri. Partai politik itu kan wadah untuk mengkader calon pemimpin. Itu berarti kegagalan. Artinya kaderisasi (di parpol) ga berjalan,"sindir Dian.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini