Jadi Sekolah Lansia Pertama di Kuningan, SKL Adhi Rajasa Kertayasa Jadi Lokus Program IRL

Redaktur author photo
Sekretaris Dinas BKKBN Jabar beserta Pemkab Kuningan saat acara Rakerda Program Bangga Kencana

inijabar.com, Kuningan- Sekolah Lansia (lanjut usia) (SKL) Adhi Rajasa di Desa Kertayasa kecamatan Sindangagung menjadi sekolah bagi lansia yang pertama di Kabupaten Kuningan.

Di acara Rakerda Program Bangga Kencana yang dihadiri juga Sekretaris Dinas BKKBN Propinsi Jawa Barat pada Rabu (15/5/2024).

Kepala Desa Kertayasa, Arief Amarudin menyatakan, wilayahnya ditunjuk sebagai lokus sekolah lansia di kabupaten Kuningan dengan program Indonesia Ramah Lansia (IRL).

Arief mengatakan, sekolah lansia mempunyai visi untuk mewujudkan lansia yang Smart  yakni Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif. 

Serta, bermartabat dalam tujuh dimensi lansia tangguh secara utuh yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara.

“Tujuh dimensi lansia, yakni spiritual, fisik, intelektual,  emosional, sosial kemasyarakatan, profesional, dan lingkungan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Uca Somantri, menyampaikan, upaya agar lansia tetap mempertahankan kemandirian, sehat, aktif dan produktif sangat esensial.

Karena kesehatan yang buruk pada lansia, kata Uca, tidak hanya berdampak bagi individu tetapi juga bagi keluarga dan masyarakat luas.

“Sekolah lansia menjadi salah satu wadah dalam membentuk lansia tangguh dan mandiri karena sekolah lansia tidak hanya sekedar mempelajari aspek fisik, namun di dalamnya memiliki keterkaitan antar elemen baik fisik, sosial, psikologis, ekonomi dan spiritual,” ttutunya.

Uca menegaskan, tujuan sekolah lansia antara lain meningkatkan kualitas kegiatan kelompok BKL (Bina Keluarga Lansia) dalam mewujudkan lansia tangguh, meningkatkan pemahaman lansia tentang konsep Smart dalam lingkup 7 dimensi lansia tangguh dan meningkatkan pengetahuan lansia tentang proses menua sehat dan sakit.

“Sasaran peserta sekolah lansia di kelompok BKL yaitu pada usia Pralansia (45-59 tahun) dan lansia (60 tahun keatas). Pembelajaran selama 12 kali pertemuan selama satu tahun dan diakhiri dengan wisuda,"pungkasnya. (rojik)

Share:
Komentar

Berita Terkini