Ketua KPU Ciamis Ingatkan 795 Petugas PPS Pilkada Jalankan Tugas Sesuai Regulasi

Redaktur author photo
795 personalia PPS dari 202 desa se Ciamis dilantik.

inijabar.com, Ciamis- Sebanyak 795 orang PPS (Panitia Pemungutan Suara) tingkat desa dari 202 desa se Kabupaten Ciamis resmi dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten Ciamis Oong Ramdhani. Minggu (26/5/2024).

Personalia PPS tersebut suda melalui tahap seleksi seperti seleksi administrasi melalui CAT dan seleksi wawancara yang didelegasikan pada PPK masing-masing.

"Tahapan panjang ini melahirkan 795 orang ini. Untuk itu kami ucapkan selamat yang telah dilantik sebagai PPS untuk Pilkada Ciamis,"ucapnya disambut tepuk tangan yang hadir.

Oong mengatakan, tugas berat menanti para PPS yang istilah nya kalau lari sudah sprint. Karena data pemilih sudah menunggu. 

"Dan rekan-rekan semua nanti akan di Bimtek (bimbingan teknis) terkait data pemilih,"ujarnya.

Beberapa waktu kebelakngan, kata Oong, KPU Ciamis telah menerima DP4 yang diserahkan oleh KPU Provinsi Jawa Barat.

"Kemudian para PPS harus sudah melakukan pemetaan lokasi TPS (tempat pemungutan suara). Artinya TPS pemilu akan berbeda dengan TPS pilkada,"terang Oong.

Terkait pakta integritas, lanjut dia, meski tadi sudah dilakukan simbolis oleh satu orang. Namun nanti semua PPS akan menandatangani pakta integritas masing-masing.

"Ada 11 poin dalam pakta integritas tersebut. Silahkan dipahami, silahkan dilaksanakan. Jangan sampai saat pakta integritas tidak dibaca (11 poin) dan tidak dilaksanakan,"tuturnya.

"Seperti yang dikatakan KPU Provinsi Jawa Barat, bahwa KPU Ciamis satu-satunya dari 27 Kota/kabupaten di Jawa Barat yang tidak ada masalah baik rekapitulasi di tingkat kecamatan, di tingkat kabupaten bahkan di tingkat pusat,"ucap Oong bangga. 

Energi positif ini, kata dia, harus dipertahankan. Jangan sampai nanti di Pilkada justru sebaliknya (penuh masalah).

"Saya yakin PPK dan PPS di Pilkada akan menjalankan tugasnya sesuai regulasi. Sehingga clear dan clean. Ini tanggung jawab besar bagi rekan-rekan PPK dan PPS,"ungkapnya.(diki)

Share:
Komentar

Berita Terkini