Meski Minim Fasilitas Curug Nyogong Bagai Surga Dunia

Redaktur author photo
Curug Nyogong di Garut

inijabar.com - Kabupaten Garut - Belum banyak yang tau pesona keindahan alam air terjun Nyogong yang terletak di Kampung Sawah, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Letaknya berada di selatan Kota Garut, sekitar tiga jam perjalanan dari pusat Kota Garut. Kecamatan Cihurip terletak di ruas jalan antara Cikajang - Pameungpek.

Untuk mencapai Curug Nyogong harus berrjalan kaki melalui jalan setapak kurang lebih 2 km,  diperjalanan akan menemukan saluran air buatan yang digunakan oleh Pembangkit Listik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dan area persawahan, hutan, tracking yang cocok untuk petualangan.  

Menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan, dari pusat kota Garut menuju Curug Nyogong kurang lebih 58 km.

Kabupaten Garut memang salah satu daerah di Jawa Barat yang menyimpan pesona keindahan alam. Salah satunya yaitu air terjun mempesona, memantulkan warna indah bila di siang hari dengan ketinggian 15 meter yang menyajikan air jernih dengan debit air yang cukup deras. Keindahannya menjadi tempat yang sangat direkomendasikan untuk mandi, berendam dan berswafoto dengan spot instagenic.

Curug Nyogong juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk bermain air karena airnya jernih dan merupakan air terjun yang relatif rendah memiliki lebar yang cukup besar. 

Curug Nyogong diambil dari kata nyogong yang artinya meningkung karena sumber utama dari air terjun ini yakni Curug Cialeuan.

Walaupun masih minim fasilitas, Curug Nyogong adalah surga tersembunyi yang direkomendasikan bagi mereka yang ingin merelaksasi jiwa dan pikiran yang penuh dengan kepenatan. Air terjun indah ini dengan alam yang segar dan menenangkan akan membawa kedamaian kepada siapa saja yang mengunjunginya.

Berwisata alam mengunjungi keindahan Curug Nyogong Cihurip lebih segar pagi hari dapat dinikmati sepuas hati, berkunjung kapan saja, dari pagi hingga menjelang matahari terbenam, bila sore kadang kabut sudah mulai turun.

Garut memang dikenal dengan banyaknya wisata alam yang bisa memanjakan para wisatawan. 

Wisata alam yang dimiliki Garut pun lengkap, di antaranya Gunung Papandayan, Pantai Santolo, berbagai wisata sejarah dan budaya seperti Candi Cangkuang, dan masih banyak gunung, pantai dan wisata lain yang ditawarkan oleh Garut.

Curug Nyogong bisa jadi alternatif wisata alam hidden gems, alam yang asri, segar, penuh pesona yang wajib dikunjungi para traveler / wisatawan lokal maupun mancanegara.

Waktu kunjungan terbaik jatuh pada pagi hari di saat cuaca sedang cerah/musim kemarau, ajak keluarga, teman, sahabat dan pecinta alam.(Jael)

Share:
Komentar

Berita Terkini