Pilkada Ciamis 2024, PDIP Demokrat PKS PKB dan PPP Siap Lawan Koalisi Golkar Gerindra PAN

Redaktur author photo
Para petinggi sejumlah partai politik di Ciamis bersepakat akan mengusung satu pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Ciamis 2024.

inijabar.com, Ciamis- Setelah Partai Golkar, Gerindra, dan PAN mulai mengkrucut memasang kembali Herdiat dan Yana D Putra sebagai pasangan Bacalon Bupati dan Bacawabup Ciamis 2024.

Kini beberapa partai mulai bersepakat untuk mengusung satu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis 2024.

Kesepakatan itu terkemuka usai para petinggi dari kelima partai tersebut, yakni PDI Perjuangan, Demokrat, PKS, PKB dan PPP melaksanakan pertemuan pada Kamis (16/5/2024).  

Dalam pertemuan hadir Ketua DPC PDI Perjuangan Ciamis H Nanang Permana, Bendahara PDI Perjuangan H Oih Burhanudin. Kemudian Ketua DPC Partai Demokrat Ciamis H Anjar Asmara, Sekretaris Demokrat Erik Krida Setia dan Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Sopwan Ismail.

Dari PKS hadir Sekretaris DPD Ade Amran dan Nana Sutisna. Dari PKB hadir Penasehat DPC PKB Imam Dana Kurnia, Sekretaris DPC PKB Irawan dan Bendahara Dodi Suhendi. Sementara dari PPP hadir perwakilan petinggi partai yakni Mamat Suryawijaya dan Haris Hendriana.

Bendahara DPC PDI Perjuangan Ciamis, H Oih Burhanudin menyatakan, jika partai besar di Ciamis ini sepakat akan mengusung satu pasangan calon untuk Pilkada 2024 ini.

 “Hari ini alhamdulilah silaturahmi 5 Parpol di Ciamis, PDI Perjuangan, Demokrat, PKS, PPP dan PKB membuahkan satu kesepakatan,” ungkap Oih.

 “Pertama kita bersepakat bahwa  partai ini akan mengusung satu pasangan calon dalam Pilkada 27 November 2024 nanti,” 

 Tentunya lanjut Oih, langkah ini akan disosialisasikan ke partai-partai terkait dan ke masyarakat. Ditanya terkait siapa nanti yang akan diusung menjadi pasangan calon, Oih menyebut masih rahasia.

“Untuk siapa orangnya, nanti ada episode selanjutnya,” ucapnya.

Partai yang bergabung ini merupakan kekuatan besar lantaran memiliki 27 kursi di DPRD Ciamis.

“Ini menjadi modal untuk kita nanti bisa memenangkan Pilkada Ciamis 27 November 2024,” pungkas Ketua Bapemperda DPRD Ciamis ini.

Di tempat yang sama, Ketua DPC Partai Demokrat Ciamis H Anjar Asmara menyebut jika pertemuan ini dalam rangka membentuk kesepahaman siapa yang akan diusung sebagai calon Kepala Daerah Ciamis di Pilkada 2024.

 “Maka kita membentuk dulu kesepahaman, ini masih ada beberapa waktu lagi. Kita lihat nanti Ciamis seperti apa, yang jelas kita sudah sepakati akan mengusung 1 pasangan calon yang disepakati bersama,” ujar Anjar.

Ketua DPC PDI Perjuangan Ciamis, H Nanang Permana menambahkan, kesepakatan partai di Ciamis ini akan dilaporkan ke DPP Partai masing-masing. 

“Kita juga akan melakukan survei jagoan dari masing-masing partai ini. Untuk jadi bahan siapa nanti yang akan diusung jadi pasangan calon,” katanya.

Untuk DPC PDI Perjuangan Ciamis sendiri, penugasan dari DPP Partai jatuh ke H Nanang Permana untuk maju di Pilkada Ciamis tahun 2024.

Jika koalisi ini solid maka kemungkinan besar akan ada 2 pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada Ciamis.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini