Pj Gubernur Jabar Rombak Seluruh Komisaris di 5 BUMD

Redaktur author photo
Ilustrasi

inijabar.com, Kota Bandung- Janji Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin akan melakukan pembenahan kinerja seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Akhirnya diwujudkannya dengan merombak seluruh komisaris di 5 BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Jawa Barat non Perbankan.

Bey menegaskan dirinya tidak memiliki kepentingan apapun dalam rencana pembenahan BUMD. Satu-satunya kepentingan menurutnya adalah demi Jawa Barat yang lebih maju dan lebih baik lagi. 

"Saya tidak punya kepentingan apapun, saya ingin tata kelola BUMD lebih baik. Saya tidak punya hutang-hutangan, BUMD harus diisi oleh orang-orang profesional,"ujarnya.

Bey juga memastikan langkah tersebut (pembenahan) akan berdasarkan pada kinerja direksi dan komisaris yang sudah ia kantongi.

"Soal direksi atau komisaris, buat saya kinerja menjadi tolak ukur utama," ujarnya.

Pergantian komisaris tersebut dilakukan Bey saat memimpin langsung rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang digelar berturut-turut pada Kamis (30/5/2024) dan Jumat (31/6/2024).

"Pak Pj melakukan perampingan di BUMD dan memberikan penugasan sebagai langkah pembenahan BUMD,"ucap sumber seperti dikutip Bisnis.

Bey menuju ke BUMD PT Tirta Gemah Ripah (TGR) guna menggelar agenda yang sama. Di TGR Bey menugaskan Plh Asda I Setda Jabar Dodo Suhendar sebagai komisaris menggantikan Herry Antasari yang mundur karena menjabat Pj Wali Kota Bogor. 

Agenda RUPSLB selanjutnya di BUMD PT Jasa Sarana. Di BUMD yang bergerak dalam bidang pengelolaan infrastruktur meliputi Transportasi, Energi, Telematika, Manajeman Limbah dan Infrastruktur Kesehatan tersebut Bey mencopot Komisaris Utama Ipong Witono dan Komisaris Alwi Hasan.

Bey dikabarkan akan menugaskan Dodit Ardian Pancapana, Kepala Dinas Kehutanan Jabar sebagai komisaris PT Jasa Sarana.  Sementara posisi Dirut masih diduduki oleh Indrawan Sumantri dan Direktur Operasional Mohammad Wais Fansuri. Pada Jumat (31/5/2024) RUPSLB akan digelar oleh PT Agro Jabar, dan PT BIJB.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini