Wakil Walikota Depok Sebut 'Lebaran Depok' Tradisi Orang Tua Dulu Jelang Idul Fitri

Redaktur author photo


Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono saat membuka Lebaran Depok 2024.

inijabar.com, Depok- Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, Lebaran Depok merupakan tradisi orang tua menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Hal itu diungkapkanya saat membuka acara Lebaran Depok 2024 yang dipusatkan di Alun Alun Depok, Kecamatan Cilodong mulai hari Kamis sampai Minggu 19 Mei 2024.

“Ini merupakan tradisi orang tua zaman dahulu menjelang Hari Raya Idulfitri. Ini budaya orang-orang Depok yang punya keunikan, mudah-mudahan semakin dikenal warga dan nasional,” ujarnya, Kamis (16/5/2024).

Lebaran Depok berisi acara yang kental dengan nuansa Betawi dari mulai seni budaya sampai kuliner.

Imam menjelaskan, Depok sebagai kota urban warganya beragam, dari segi suku, agama, etnis, hingga budayanya. Oleh karena itu, Kota Depok kerap dibilang miniaturnya Indonesia.

“Warga Depok sangat ramah mendukung berbagai hal yang dilakukan pemerintah dan warga yang datang ke Depok,” katanya.

Dia mengajak seluruh warga untuk melestarikan budaya orang Depok zaman dulu yang sudah mulai menghilang di tengah masyarakat kini. 

Oleh karena itu, kata dia, dalam tiga hari ke depan, rangkaian kegiatannya cukup padat dan kental dengan nuansa budaya Betawi Depok.

“Mari kita sama-sama lestarikan yang memang baba dan emak semua supaya bisa terus ada, meski era globalisasi tapi tetap kita harus mempertahankan dan mengembangkan budaya Depok,”tutur Imam.

Lebaran Depok yang digelar mulai Kamis-Minggu, menghadirkan seabreg kesenian tradisional dan diisi ratusan stand yang menjajakan kuliner hingga beragam macam jualan.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini