Yang Belum Banyak Diketahui Orang, Pesona Pulau Biawak

Redaktur author photo

 

Pulau Biawak Indramayu Jabar.

inijabar.com, Indramayu - Pulau Biawak atau Pulau Rakit adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa di Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Pulau Biawak terletak di sebelah utara semenanjung Inrdamayu sekitar 40 kilometer dari pantai utara Indramayu, dan secara administratif termasuk ke dalam wilayah kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

Kepulauan Biawak, terdiri atas tiga buah pulau yaitu:

• Pulau Biawak

• Pulau Candikian

• Pulau Gosong

Pulau biawak adalah salah satu tempat pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Daratan seluas 120 hektare ini juga kaya dengan tanaman bakau yang hijau, banyak tumbuh pohon mangrove dan dapat dipandang dari ketinggian. Nama kepulauan ini diambil dari banyaknya satwa biawak yang hidup di kepulauan ini. 

Kepulauan ini dapat ditempuh sekitar 3 sampai dengan 4 jam menggunakan perahu motor dari pelabuhan Karangsong, Indramayu. 

Pulau ini terkenal sebagai objek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri.   

[cut]


Indonesia, negara kepulauan yang kaya akan keindahan alamnya, menyajikan destinasi-destinasi yang memukau bagi para pengunjungnya. Salah satu destinasi yang menawarkan pesona alam adalah Pulau Biawak di Indramayu, Jawa Barat. 

Panorama alam yang menakjubkan, dikelilingi oleh air laut yang tenang dan berwarna biru kehijauan, pulau ini merupakan surga bagi para penyelam dan pecinta snorkeling. 

Bawah lautnya yang indah dengan keanekaragaman hayati yang kaya membuat pengalaman menyelam di sekitar pulau ini tak terlupakan, menjadi daya tarik para pelancong 

Selain itu, pantai berpasir putih yang membentang luas menawarkan tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati matahari terbenam yang mempesona. 

Island hopping adalah dengan mengunjungi dua pulau kecil lainnya di dekat Pulau Rakit. Dua pulau tersebut adalah Pulau Gosong dan Pulau Candikian. Bisa melihatnya dengan jelas melalui mercusuar kuno. Jadi, pemandangan Pulau Biawak dan area di sekitarnya bisa tampak cukup jelas.

Melihat pemandangan kerlap-kerlip bintang memang memberikan sensasi tersendiri. Pengunjung bisa berburu milky way dengan memandangi langit malam di pulau ini.

[cut]


Apalagi pulau ini terbilang masih bersih dari polusi cahaya di sekitarnya. Dengan demikian, pengunjung bisa memotret momen milky way dengan sempurna.

Selanjutnya Menaiki Mercusuar Kuno menjadi spot berikutnya yang tidak boleh terlewatkan di Pulau Biawak Indramayu. Bangunan tersebut cukup legendaris karena berusia hampir satu setengah abad. 

Pengunung bisa naik ke atas mercusuar dengan tingginya yang mencapai 65 meter. Mercusuar ini dibangun kokoh pada masa penjajahan Belanda di tahun 1872 yang lalu.

Hingga saat ini, mercusuar kuno tersebut masih digunakan dan menjadi salah satu spot menarik. Konstruksinya yang baik membuat mercusuar ini terlihat awet dan kokoh. Melalui mercusuar ini, pengunjung bisa melihat suasana sunset dan sunrise dengan lebih maksimal.

Meeting point di Pelabuhan Karangsong (depan kantor pos Polairud di Karangsong). Jaraknya kalau dari Karangsong sekitar 29 mil atau 40 Kilometer dan bisa ditempuh sekitar 3 sampai 4 jam.

Perjalanan darat mengelilingi Pulau Biawak, berziarah ke makam Syekh Syarif Hasan, melihat peninggalan sumur merah, mengunjungi makam Belanda, dan makam santri Syekh Syarif.

[cut]


Perjalanan yang harus menyeberangi lautan harus menghitung ketepatan waktu. Gelombang air laut menjadi satu faktor yang harus dipertimbangkan ketika menuju Pulau Biawak.

Destinasi wisata Pulau Biawak buka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa merencanakan liburan anda beserta orang tercinta 

Wisata alam satu ini menyajikan keindahan pulau yang bisa menjadi referensi untuk kunjungan holiday Untuk mendapatkan quality time yang berkualitas, anda bisa berkunjung ke Pulau Biawak karena begitu tenang dan nyaman untuk wisata.

Mengajak pasangan untuk berbulan madu dengan sajian alam yang luar biasa indah, pastikan memilih waktu dan hari yang tepat agar menunjang kenyamanan berlibur anda.

Aktivitas berburu foto instagenic ketika mengunjungi wisata Pulau Biawak Indramayu, banyak sekali spot foto instagramable yang akan memanjakan pengunjung.

Aktivitas liburan yang semakin seru dan tak terlupakan dengan mengabadikan momen di Pulau Biawak Indramayu semakin menyenangkan dan berkualitas.  (Jael)

Share:
Komentar

Berita Terkini