Ada 6 Rekomendasi Hasil Kajian Bencana Pergeseran Tanah di Ciamis

Redaktur author photo
Sosialisasi mitigasi terkait pergerkan tanah.

inijabar.com, Ciamis- Pemkab Ciamis sosialisasikan terkait pergerakan tanah di wilayah Dusun Subang Desa Darmacaang, kecamatan Cikoneng dilaksanakan di Desa Buniasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (13/6/2024).

Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi, yang sekaligus PLT Asda 3, Heryan Rusyandi mengatakan, Sosialisasi tersebut sebagai bentuk pelayanan, dukungan dan sinergitas pemerintah dengan masyarakat terkait dalam penanganan kebencanaan di wilayah. 

"Di saat terjadi bencana ataupun mitigasi sedini mungkin potensi yang lebih besar lagi,"ucap Heryan saat dihubungi melalui selularnya. Kamis (13/6/2024).

Kegiatan sosialisasi hasil peninjauan yang dilaksanakan oleh Badan Geologi terhadap Bencana Pergerakan/Pergeseran Tanah yang berlokasi di Desa Darmacaang  Dusun Subang Kecamatan Cikoneng disampaikan oleh Tim dari Pemerintah Daerah, yaitu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangun, Kepala Pelaksana BPBD, Staf Ahli Bidang Ekbang, DPRKPLH, Dinas Pertanian dan Dinas Sosial serta jajaran lembaga Desa dan unsur Forkopicam. 

"Acara sosialisasi ini  untuk masyarakat yang terkena dampak. Adapun hasil dari kajian dari Badan Geologi Kementerian Energi Sumberdaya Mineral, merekomendasikan beberapa hal,"ujarnya.

Pertama, kata dia, masyarakat yang terdampak harus direlokasi. Kedua walaupun masih menempati tanah tersebut, bangunan rumah harus dibuat panggung. 

"Ketiga melakukan tata saluran air drainasi. Keempat tidak melakukan penebangan pohon pohon yang besar. Kelima masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan ketika turun hujan, disarankan untuk mengungsi. Dan terakhir atau keenam yakni memantau dan menginformasikan perkembangan pergerakan retakan tanah,"jelas Heryana.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini