Golkar Masih 'Gamang' Soal RK, Gerindra dan PAN ngebet RK di Jakarta

Redaktur author photo
Ridwan Kamil

inijabar.com, Jakarta - Wacana agar Ridwan Kamil (RK) ikut Pilgub DKI Jakarta lebih diperlihatkan oleh Gerindra dan PAN dari pernyataan elit pengurus kedua partai tersebut sinyal ngotot lebih terasa dibanding Partai Golkar sendiri sebagai partainya RK.

Pernyataan kader Gerindra Habiburrahman menilai, Ridwan Kamil masih punya peluang mengalahkan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta.

"Saya optimis pak Ridwan Kamil bisa mengalahkan pak Anies di DKI. Meski survey nya (Anies) tinggi. Kalau melihat hasil Pilpres kan dia (Anies) kalah di DKI. Jadi kita yakin lah masih bisa melawan,"ucapanya pada media. 

Begitupun dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang mengaku sudah mendorong RK untuk maju di Pilgub DKI Jakarta.

"Saya sudah sampaikan itu (dukung RK) untuk Pilgub DKI pada teman-teman di koalisi Indonesia Maju,"ujarnya di sela-sela kunjungan kerja nya di rumah pemotongan hewan Ciroyom Bandung. Sabtu (16/6/2024).

Berbeda dengan sikap Golkar juga masih gamang apakah RK didorong untuk maju di DKI Jakarta atau Jawa Barat.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia, bahwa hasil survei mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK), untuk Pilkada 2024. Hasil survei tersebut adalah untuk elektabilitas Ridwan Kamil di Provinsi Jawa Barat sangat tinggi mengalahkan tokoh lainnya.

Sedangkan hasil survey RK di DKI Jakarta masih kurang memuaskan hanya menempati posisi ke 3.

Saat ini, Partai Golkar masih menimbang-nimbang kemungkinan akan menugaskan Ridwan Kamil untuk Pilgub di kedua provinsi tersebut. 

“Namun ada beberapa program yang masih terus dilanjutkan dan itu diaharapkan oleh masyarakat Jawa Barat, makanya saat ini di survei masih yang paling tinggi,” kata Doli di Jakarta Selatan, Minggu (16/6/2024). 

Doli menyatakan peta politik di Jakarta lebih tidak pasti dibandingkan Jawa Barat. RK masih kalah populer dari calon lain di Jakarta.

Namun Doli tidak menyebut siapa-siapa saja tokoh yang lebih populer dari Ridwan Kamil di Jakarta dalam survei tersebut.

Maka dari itu, Doli mengatakan Partai Golkar lebih condong mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur di Jawa Barat dibanding Jakarta. 

“Nah jadi sebetulnya buat Golkar, kami tetap berpandangan lebih ideal Ridwan Kamil itu di Jawa Barat,” ujar dia.

Doli mengungkapkan alasan Golkar belum mengambil keputusan meski lebih condong mengusung Ridwan Kamil di Jawa Barat. Dia menyinggung diskusi dengan partai-partai lain yang satu koalisi dengan Golkar di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Menurut Doli, partainya masih terus berbicara soal pengusungan Ridwan Kamil dengan pimpinan partai-partai KIM. Dia menyebutkan nama Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan yang lainnya.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini