Hari Pertama Website PPDB Jabar Eror, Disdik Jabar Bilang Begini

Redaktur author photo

inijabar.com, Kota Bandung- Terkait sulitnya masyarakat mengakses website PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) di hari pertama. Senin (3/6/2024) ditanggapi Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Plh Kadisdik Jabar Mochamad Ade Afriandi mengakui website penerimaan peserta didik baru (PPDB) sulit diakses oleh orang tua siswa saat hari pertama pendaftaran.

Penyebabnya, kata dia, diduga karena banyak orang tua siswa yang serentak membuka halaman web tersebut.

Iya, jadi pintunya satu semua ingin masuk pasti ada down," ucap Mochamad Ade Afriandi saat dikonfirmasi wartawan, Senin (3/6/2024).

Ia menuturkan petugas saat ini sedang berupaya menguatkan sinyal jaringan PPDB agar stabil. Namun, Ade menyebut sejumlah faktor seperti cuaca berpotensi mengganggu sinyal. 

"Kita berharap ini tidak terjadi terus menerus," kata dia.

Ade mengatakan PPDB SMA/SMK/SLB dimulai sejak tanggal 3 hingga 7 Juni mendatang. Pembukaan pendaftaran dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. 

"Saat membuka web pendaftaran, orang tua harus memperhatikan jaringan layanan internet di rumah stabil atau tidak,"ujarnya.

Kekecewaan juga diungkapkan warga Kota Bekasi terkait website PPDB yang sulit diakses. Hingga pukul 16:30 Wib, baik murid maupun orang tua tidak bisa mendaftarkan mendaftarkan anaknya melalui website SMA/SMK Negeri Provinsi Jawa Barat (Jabar).  

Pasalnya, saat mendaftar melalui https://pendaftaran.ppdb.jabarprov.go.id/login malah tampilan web tersebut 404 hingga membuat orang tua siswa kecewa. Kekecewaan para orang tua siswa saat pihak sekolah tidak menerima mendaftar langsung ke SMA Negeri 14 Kota Bekasi.

“Harusnya Dinas Pendidikan Jawa Barat itu punya solusi lah ke sekolah-sekolah SMA Negeri agar mau melayani kami orang tua yang mendaftar langsung ke sekolah. Mereka yang bermasalah kok kita ini yang jadi dikorbankan,” ucap Nur salah satu warga Kota Bekasi. Senin (3/6/2024) sore.

Nur menegaskan, jika sampai besok (Selasa-red) web pendaftaran PPDB Jabar masih eror juga maka, ia bersama orang tua siswa lainnya akan mendemo pihak SMA Negeri 14 Kota Bekasi.

“Ya, kalau masih eror dan kami tidak diterima daftar secara manual atau langsung ke sekolah. Kami demo lah,” ujarnya.

Hingga pukul 16:40 Wib, https://pendaftaran.ppdb.jabarprov.go.id/login saat diakses menampilkan 404.

Sementara itu, saat disearch melalui Google 404 menyebutkan ‘Error 404 Not Found’ adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan pesan kesalahan yang diberikan oleh server web saat halaman yang diminta tidak dapat ditemukan. Ini adalah format umum yang digunakan dalam komunikasi antara server web dan browser pengguna.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini