Pengaruh Teknologi Medsos Pada Bahasa Gaul

Redaktur author photo
Ilustrasi

inijabar.com, Jakarta- Kemajuan zaman seiring perkembangan di semua bidang kehidupan termasuk budaya dan bahasa komunikasi atau istilah anak sekarang bahasa gaul.

Dalam perkembangan bahasa gaul pun mengiringi perkembangan teknlogi terutama media sosial. 

Seperti istilah Japri yang termasuk salah satu bahasa gaul yang kerap digunakan saat ini. 

Japri atau jalur pribadi atau pun jaringan pribadi, biasanya, kata japri akan digunakan seseorang saat mengirimkan sebuah pesan singkat, mulai dari SMS, WhatsApp dan masih banyak lagi kepada orang lain.

Selain kata japri, sebenarnya masih banyak singkatan gaul yang kerap digunakan oleh masyarakat dalam berkomunikasi, baik melalui pesan singkat hingga tatap muka. 

Tapi terkadang masih banyak yang belum mengetahui istilah-istilah singkatan gaul yang sebenarnya sudah tidak begitu asing.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa singkatan gaul yang kerap dipakai para pengguna media sosial.

Gabut : Kata ini menggambarkan perasaan yang tidak jelas dan tidak tahu harus berbuat apa. Gabut sudah sering dipakai oleh anak muda zaman sekarang untuk update status di Instagram story dan biasanya sering ditampilkan sama lagu-lagu galau.

Gaje : Gaje adalah singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

Gercep : Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

Halu : Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

Kepo : Merupakan akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

Mager : Mager adalah singkatan gaul dari kalimat Malas Gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

Mantul : Kata ini adalah singkatan gaul dari kata Mantap Betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

OTW : Kata ini adalah singkatan gaul dari kalimat On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

Pansos : Pansos adalah singkatan gaul dan merupakan kependekan dari panjat sosial. Sesuai namanya, Pansos digunakan untuk merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di media sosial.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini