Perbaikan Pipa Bocor Milik PAM Tirta Galuh Sudah 99 Persen

Redaktur author photo

 

Proses perbaikan pipa bocor milik PAM Tirta Galuh yang hampir rampung dan bisa digunakan kembali.

inijabar.com, Ciamis- Proses perbaikan pipa induk yang bocor PAM Tirta Galuh dikerjakan secara marathon selama 44 hari dan kini sudah hampir 99 persen penyelesaian perbaikan.

Direktur Utama PAM Tirta Galuh Kabupaten Ciamis, Amsi Yudi Purwanto menyampaikan, hari ini Senin (01/6/2024) pihaknya akan melakukan pemantauan langsung ke lokasi pengerjaan.

Berdasarkan informasi dari pengawas,  bahwa dalam 1 - 2 hari ke depan, proses distribusi air ke pelanggan akan kembali normal.

"Ya, betul kami akan turun monitor ke lokasi, berdasarkan info dari pengawas, sore atau malam ini sudah terkoneksi semuanya. Jadi 1-2 hari sudah proses pendistribusian, normalisasi air baku," ujarnya melalui pesan singkatnya. Selasa, (11/6/2024).

Proyek perbaikan ini, kata Amsi, melibatkan pemulihan pipa transmisi sepanjang 12,5 km dari Gunung Cupu ke Ciamis. 

"Meski proses perbaikan hampir selesai, kekahawatiran yang kami pikirkan di takutkan  ada materi asing masuk ke dalam pipa transmisi selama proses tersebut,"ungkapnya.

"Yang penting dipastikan pengerjaan selesai 100 persen, karenakan harus diuji dulu, takutnya ada pipa yang belum sempurna jadi harus di cek, nanti teman-teman teknisi yang akan lebih memastikan,"sambung Amsi.

Amsi juga menyatakan, selama periode pengerjaan kebocoran pipa dari Sungai Citanduy, kebutuhan air pelanggan hanya terpenuhi setengahnya atau 50 persen yaitu 100 liter air per detik yang dialirkan dari Sungai Cileueur.

Seharusnya, kata dia, bisa mencapai 200 liter per detik saat menggunakan dari Sungai Citanduy. Hal ini pun mengakibatkan jadwal distribusi air menjadi terganggu, dengan jadwal pembagian air setiap 12 jam sekali dalam sehari.

"Apalagi saat pengerjaan selama 45 hari ini, kita berbagi air dengan warga lain seperti petani dan peternak ikan yang memanfaatkan air dari Sungai Cileueur,"tutur Amsi.

Rencana kerja untuk mencapai progres 100 persen, kata Amsi, telah masuk ke tahap akhir. 

"Penting untuk dipastikan terlebih dahulu bahwa seluruh sistem telah diuji dengan baik sebelum proses distribusi air normal kembali oleh tim teknis. Kita pastikan dulu, karena uji alirnya kan belum. Harus dicoba dulu,"ucapnya.

Amsi menyebut, dengan proses ini pasokan air PAM Tirta Galuh akan kembali normal dalam waktu 1-2 hari mendatang. Ini adalah kabar baik bagi semua pelanggan yang telah menantikan pemulihan penuh pasokan air bersih.

"Semoga dengan upaya yang telah dilakukan, kebutuhan air sehari-hari para pelanggan dapat terpenuhi dengan lancar dan aman. Dan ke pada para pelanggan sekali lagi kami, selalu membuat edaran perkembangan PAM tirta Galuh selama perbaikan,"pungkasnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini