Pesona Pasir Hitam di Pantai Muara Gembong

Redaktur author photo


Pantai Muara Gembong

inijabar.com, Kabupaten Bekasi- Pantai Muara Gembong merupakan objek wisata yang terletak di sebelah utara kabupaten Bekasi, persis nya di Desa Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, letaknya di ujung utara pulau Jawa.

Wisatawan bisa menikmati suasana yang menenangkan, melepaskan segala keruwetan, kepenatan akibat rutinitas sehari-hari yang membosankan.

Pantai Muara Gembong memang tak sepopuler pantai-pantai lain di Jawa Barat, namun pesonanya tak kalah mempesona.

Salah satu daya tariknya adalah hamparan pasir hitam yang lembut. Wisatawan bisa duduk di sana sambil memandangi lautan lepas.

Kemudian ada berbagai kegiatan bahari yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Kegiatan edukatif di Pantai Muara Gembong bukan hanya melihat kawasan hutan mangrove dan kekayaan faunanya saja, ada juga aktivitas melihat tambak.

Tambak adalah kolam buatan yang terdapat di kawasan pantai, yang kemudian diisi oleh air laut/payau dan digunakan untuk budidaya perairan.

Biasanya nelayan membudidayakan berbagai jenis hewan laut mulai dari ikan, udang sampai kerang, wisatawan pun bisa membeli hasil tambak ini.

Wisatawan bisa membawanya sebagai oleh-oleh, keuntungannya membeli hewan laut hasil tambak di sini pasti lebih segar dan harganya ekonomis.

Dari arah Alun-alun Kota Bekasi, maka harus menempuh jarak 54 kilometer lagi untuk sampai ke wilayah pantai utara ini, waktu tempuhnya sekitar dua jam.

Wisatawan bisa melakukan perjalanan via jalan raya Babelan atau langsung saja via Tol Cibitung -Cilincing. Sebaiknya gunakan maps dengan arah ke Kantor Desa Bahagia.

Apabila sudah tiba di kantor desa tersebut, selanjutnya tinggal mengikuti jalan besar saja. Nanti akan sampai di Pantai Muara Gembong yang dituju 

Pesta laut merupakan kegiatan rutin tahunan yang biasa dilakukan oleh masyarakat sekitar, wisatawan dapat menyaksikan langsung betapa semaraknya acara tersebut.

Masyarakat setempat menyebut acara ini dengan sebutan Nadran. Nadran adalah acara pesta laut tahunan sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat nelayan terhadap hasil laut yang melimpah.

Selama pesta laut ini berlangsung, wisatawan akan menemui banyak sekali makanan dan minuman khas Bekasi yang tersaji di sekitar lokasi. Nantinya hidangan tersebut juga akan dibagikan kepada pengunjung.

Sebagai objek wisata yang belum cukup terkenal, pantai ini memiliki sejumlah fasilitas penting. Fasilitas-fasilitas ini tentu cukup membantu pengunjung selama liburan di kawasan wisata bahari ini. (Jael)

Share:
Komentar

Berita Terkini