PJ Bupati Kuningan Bakal Revitalisasi Jalur Pendakian Ciremai

Redaktur author photo
Pj Bupati Kuningan berpose bersama saat gelaran Muncak Beu

inijabar.com, Kuningan- Pj Bupati Kuningan H.Raden Iip Hidajat bersama pejabat Pemkab Kuningan serta perwakilan Polres Kuningan dan Kodim 0615 Kuningan serta aktifis lingkungan mengikuti kegiatan Muncak Beu pada Minggu (02/6/2024).

Acara tersebut menjadi pertanda dibukanya Festival Ciremai, yang merupakan satu dari sekian  agenda Calendar of Event Kabupaten Kuningan Tahun 2024.

“Didampingi oleh Camat, Kepala Dinas dan lainnya naik ke atas (puncak). ini momen bahagia karena mereka juga harus mengenal Ciremai, tidak hanya tahu karena sebatas melihat, tapi juga ikut menjalani karena selama perjalanan akan banyak pengalaman, banyak yang dilihat,” ujar Iip Hidajat di Pos Pendakian Ciremai via Palutungan.

Menurutnya, dengan muncak ke Gunung Ciremai para pendaki, para pejabat Eselon dan ASN di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan diharapkan dapat memahami apa yang harus dilakukan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. 

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi.

"Bagaimana kita ke depannya bisa ngarawat, ngaruwat, dan ngarumat lingkungan. Karena hari ini kita punya mata air yang bagus, apakah sepuluh dua puluh tahun kedepan masih utuh atau tidak? Maka, hari inilah waktunya kita memulai,” ujar Iip Hidajat didampingi sang Istri, Hj. Susi Widyawati.

Iip bersama para pendaki juga akan meresmikan beberapa tempat yang telah direvitalisasi dan tugu/monumen di puncak Gunung Ciremai sebagai penanda titik tertinggi di Jawa Barat. 

Selain itu rangkaian kegiatan ini juga dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup yang diperingati setiap tanggal 5 Juni.

“Perjalanan ini kita akan melihat ada beberapa tempat yang di revitalisasi seperti di Cigowong, kemudian di Pos 6 ada shelter yang kita bangun, dan di puncak ada tugu penanda ketinggian Ciremai yang sudah selesai, kita tinggal meresmikan saja, kebetulan ada CSR dari Bank BJB,” imbuhnya. 

Rangkaian kegiatan diantaranya Gerakan Sapu Gunung (GSG), Installation Art Competition & Painting Exhibition, Ciremai Discussion Summit Pelestarian Ciremai, Pasar Rakyat, Pasar Sisi Leuweung, Push Bike, Launching Kurikulum Muatan Lokal (Mulok) Pelestarian Ciremai, Launching Kuningan Go Green, Kemah Konservasi, Kuningan Run, Fam Trip From Malaysia, Fun Hiking dan berbagai acara menarik lainnya. Festival Ciremai berlangsung mulai tanggal 31 Mei hingga 9 Juni 2024.  Hal tesebut disampaikan Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan, Carlan.

“Opening Ceremony sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2024 di Open Space Gallery (OSG) Linggajati sekaligus Launching Kurikulum Muatan Lokal Pelestarian Ciremai,” pungkas Elon sapaan akrabnya.(Rojik)

Share:
Komentar

Berita Terkini