Sekda Ciamis Ingatkan Kepsek dan Guru Pentingnya Memahami Pendidikan Inklusif

Redaktur author photo
Sekda Ciamis saat menggelar webinar tentang Pendidikan Inklusif

inijabar.com, Ciamis- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis H.Andang Firman Triadi menyatakan, peran pendidikan sangat besar dalam memajukan suatu bangsa untuk mendapat sumber daya manusia yang cerdas mandiri serta bermoral.

Sedangkan kepala sekolah bertugas dalam implementasi pendidikan inklusif untuk membentuk karakter anak yang unggul di era digital.

"Terutama dalam melakukan pengembangan potensi dan mencerdaskan manusia agar siap menghadapi kehidupan di masa akan datang,"ucap H.Andang dalam Webinar pendidikan kabupaten Ciamis strategi guru dan kepala sekolah dalam implementasi pendidikan di kantor Diskominfo. Selasa (4/6/2024).

Di acara yang dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan Ciamis Uned Setiawan. Andang menjelaskan, pendidikan merupakan investasi yang sangat yang sangat panjang dalam proses pelaksanaannya dengan pendidikan suatu bangsa bisa mencapai kemajuannya.

"Dan dengan pendidikan juga setiap bangsa bisa menggapai cita-cita bangsa, namun kadang kala karena berbagai hal pendidikan bisa mempersulit seseorang karena faktor ekonomi,"kata Andang.

[cut]


Selain alasan ekonomi, seringkali seseorang terkendala untuk mengakses pendidikan karena faktor budaya.

"Seperti dikotomi peran laki-laki dan perempuan kadang-kadang juga menjadi penghambat serta mengkerdilkan peran perempuan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi sehingga menjadikan faktor penghambat dalam rangka pengembangan pendidikan untuk semua,"ungkapnya.

Andang juga mengatakan, banyak persepsi tentang pendidikan inklusif kebanyakan pendidikan selalu diikuti identifikasikan dengan pendidikan untuk anak-anak yang mempunyai kekurangan Secara fisiknya.

"Sehingga sekolah khusus kekhususan atau luar biasa seringkali dinisbatkan sebagai sekolah untuk kelainan atau cacat hal tersebut harus diluruskan mengingat pendidikan itu segitu diperuntukkan untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus,"kata Andang.

"Seperti acara pada pagi hari ini mudah-mudahan bisa menginformasikan Bagaimana strategi yang baik dalam rangka mengembangkan pendidikan inklusif tentu saja Bapak Ibu yang kami hormati perjuangan persamaan hak dan kesempatan pendidikan yang berkeadilan dan perluasan akses pendidikan untuk semua,"sambung Andang.

[cut]


" Dalam Seminar ini kami mengajak Mari kita sukseskan program pendidikan inklusif dalam mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas dan berkarakter melalui penguatan profil belajar Pancasila menuju generasi unggul kemampuan,"ucapnya.

"Kami melihat pentingnya strategi yang tepat dari guru dan kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif. Di tengah derasnya arus informasi digital, anak-anak kita memerlukan filter yang kuat untuk menyaring konten yang mereka terima,"tandasnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini