Anak Terlindungi Indonesia Maju Sebuah Panggilan Untuk Wujudkan Indonesia Emas!

Redaktur author photo

 


HARI Anak Nasional, 23 Juli 2024, mengingatkan kita pada satu hal penting masa depan bangsa terletak di tangan anak-anak saat ini Tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju bukan sekadar slogan melainkan sebuah manifesto untuk membangun Indonesia Emas. 

Di tengah harapan dan optimisme kita akan kemajuan bangsa ada sebuah realitas pahit perlindungan anak di Indonesia belum maksimal

Kota Bekasi meskipun telah meraih predikat Nindya pada penghargaan Kota Layak Anak tetapi tantangan masih banyak Kekerasan eksploitasi, dan diskriminasi masih menghantui anak-anak kita. Apakah penghargaan ini cukup? Apakah kita bisa berpuas diri? Tentu tidak!

Perjuangan untuk melindungi anak haruslah menjadi isu utama, perjuangan harus terus berlanjut, tanpa henti, dengan melibatkan kolaborasi semua pihak.

"Pentahelix Kolaborasi Cerdas Menuju Perlindungan Total Pemerintah Kota Bekasi harus bekerja cerdas dan tuntas untuk mewujudkan perlindungan anak Pendekatan Pentahelix yaitu kolaborasi antara pemerintah  masyarakat dunia usaha, akademisi, media menjadi kunci Peran masing-masing pihak saling melengkapi, menciptakan sinergi yang kuat untuk membangun sistem perlindungan anak yang holistik." ucapnya

1. Pemerintah:

Tidak hanya berjanji, tetapi bergerak nyata dengan kebijakan, alokasi anggaran, dan program yang melindungi dan memberdayakan anak.

[cut]


2. Masyarakat:

Berperan aktif dan turut serta memastikan berjalannya program perlindungan anak.

3. Dunia usaha:

Menciptakan lingkungan kerja yang ramah anak, serta bertanggung jawab dalam menjalankan bisnis yang tidak merugikan anak-anak, serta Mengalokasikan CSR untuk mendukung program perlindungan anak.

4. Akademisi:

Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang hak anak, Melakukan riset serta memberikan solusi inovatif untuk permasalahan anak.

5. Media:

Menjadi corong informasi dan edukasi tentang hak-hak anak, serta mengampanyekan budaya perlindungan anak.

"Subjek Kemajuan Bukan Sekedar Objek. Ingatlah anak bukan sekadar objek pembangunan tetapi subjek kemajuan Mereka adalah generasi penerus yang akan menentukan masa depan bangsa, mereka yang akan mengisi posisi posisi penting dalam menentukan arah bangsa. Perhatian pada perlindungan anak adalah investasi pada masa depan Indonesia Kita tidak boleh membiarkan mereka terpuruk dalam ketidakadilan," tambahnya.

[cut]


Menyelaraskan Perlindungan Anak dengan Tujuan Global Perlindungan anak adalah bagian integral dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

PBB SDGs bertujuan untuk menciptakan dunia yang lebih baik, adil dan berkelanjutan bagi semua termasuk anak-anak Dengan mencapai target SDGs, kita secara tidak langsung meningkatkan kesejahteraan dan melindungi anak-anak di seluruh dunia. Tanpa anak-anak yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia Indonesia tidak akan mampu mencapai SDG nomor 4 tentang pendidikan berkualitas SDG nomor 5 tentang kesetaraan gender, dan SDG nomor 16 tentang perdamaian dan keadilan.

Indonesia Emas 2045: Tak Akan Terwujud Tanpa Anak yang Terlindungi Membangun Indonesia Emas 2045 adalah mimpi besar yang membutuhkan anak-anak sehat, cerdas, dan berakhlak mulia Agar mimpi besar ini terwujud, kita perlu memastikan bahwa setiap anak di Indonesia mendapatkan hak-haknya secara penuh, terbebas dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

Mari Kita Bergerak Bersama untuk Perlindungan Anak!

Masyarakat Indonesia, khususnya warga Kota Bekasi, mari bersama-sama kita jadikan isu anak sebagai isu utama. Mari kita tingkatkan pemahaman tentang pentingnya perlindungan anak.

[cut]


Mari kita berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan yang ramah anak, mari kita pastikan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal tanpa kekerasan, sehingga anak-anak kita menjadi calon pemimpin bangsa yang tangguh dan berintegritas.

Perlindungan anak adalah tanggung jawab bersama. Jangan biarkan anak-anak kita menjadi korban! Bersama, kita bisa wujudkan Indonesia Emas 2045, sebuah masa depan yang gemilang dengan anak-anak yang sehat cerdas dan berakhlak mulia. Mari kita sadari bahwa anak-anak adalah aset bangsa yang berharga, dan masa depan bangsa terletak di tangan mereka.

"Selamat Hari Anak Nasional, Anak terlindungi Indonesia Maju. Mari bersama kita beraksi berikan bukti bukan hanya ikuti seremoni," tutupnya.

Ditulis Oleh: Hadyan Rahmat- Pemerhati anak.

Share:
Komentar

Berita Terkini