BPBD Ciamis Gelar Pelatihan Kesiagaan Bencana di Desa Bahara Masyarakat Paham Potensi Bencana

Redaktur author photo


Foto: Tim BPBD Kabupaten Ciamis

inijabar.com, Ciamis- Bencana alam merupakan ancaman yang selalu mengintai, terutama bagi daerah-daerah yang rawan terhadap berbagai jenis bencana, termasuk di desa Bahara kecamatan Panjalu terlebih di musim penghujan.

Untuk itu BPBD Kabupaten Ciamis menggelar Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas dalam mengidentifikasi potensi bencana.

Pengurus LPM Desa Bahara Kecamatan Panjalu Elan Ramlan sebagai salah satu yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan tersebut penting bagi Ketua RT, Ketua RW, dan Linmas di Desa Bahara.

"Agar dapat mengidentifikasi potensi bencana di wilayah mereka, merencanakan tindakan mitigasi yang tepat, serta menanggapi bencana dengan cepat dan efektif,"ucapnya. Jumat (5/7/2024).

Melalui pelatihan kesiapsiagaan bencana ini, kata dia, diharapkan Ketua RT, Ketua RW, dan Linmas Desa Bahara dapat menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana skala lokal. 

"Mereka diharapkan mampu memberikan arahan yang tepat kepada masyarakat dalam menghadapi bencana, sehingga kerugian yang ditimbulkan dapat diminimalkan,"kata Erlan.

Pelatihan kesiapsiagaan bencana skala lokal bagi lembaga kemasyarakatan utama bertempat di lapangan bola desa Bahara. 

"Iya, saya keterwakilan dari lembaga desa, sebagai LPM (lembaga pemberdayaan masyarakat) di acara ini,"ujarnya.

Pelatihan ini juga memberikan pengetahuan tentang koordinasi dengan instansi terkait dan pengelolaan logistik dalam situasi darurat.

Selain itu, pelatihan ini juga memberikan pemahaman tentang pentingnya peran aktif lembaga kemasyarakatan dalam mengedukasi dan melibatkan masyarakat dalam upaya persiapan menghadapi bencana. 

Dengan melibatkan masyarakat secara luas, diharapkan upaya penanggulangan bencana dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini