HBI Gelar Seleksi Beasiswa HBI Cerdas Se Jabar

Redaktur author photo


Seleksi Beasiswa HBI Cerdas se Jabar.

inijabar.com, Ciamis- Program Hidayah Berbagi Indonesia (HBI) mengadakan Seleksi Tes Tahap 2 HBI Cerdas. Program  ini merupakan program tahunan, yang tujuannya untuk memberikan beasiswa kepada para mahasiswa berprestasi dan membantu meringankan biaya perkuliahannya. 

Tak hanya itu, HBI juga memberikan pembekalan lainnya seperti kerelawanan, hafalan Al-Qur’an dan pelatihan lainnya. HBI Cerdas seleksi tahap 1 sudah dilakukan pada tanggal 1-13 Juli 2024. Sedangkan seleksi tes tahap 2 ini di selenggarakan pada tanggal 16 – 18 Juli 2024 dan berlangsung di Kantor Pusat HBI.

Program ini sudah berjalan selama 3 tahun dan sudah mencetuskan sebanyak 2 angkatan. Saat ini sedang dilakukan penyeleksian untuk Angkatan ke-3. Total jumlah peserta pendaftar sebanyak 90 orang. Sedangkan jumlah peserta yang lolos pada tahap seleksi administrasi sebanyak 81 orang. 

Seleksi tes tahap 2 HBI Cerdas ini terdiri dari Tes Potensi Akademik, Tes Tahfidz Al-Quran, dan Tes Wawancara. 

Dari ketiga tes ini, penguji untuk seleksi tes Tahfidz Al-Quran dari Pondok Pesantren Ash-Shodiq – Jatinagara. 

[cut]


Para peserta yang mendaftar HBI Cerdas dari berbagai penjuru wilayah. Jumlah total kecamatan sebanyak 58 kecamatan, 19 kota atau kabupaten. Bahkan terdapat peserta di Wilayah Indonesia terjauh berasal dari Kota Tual, Maluku Tenggara. Seluruh peserta yang hadir berasal dari 18 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Dengan penuh semangat, salah satu peserta Seleksi Tes HBI Cerdas Tahap 2 menyampaikan rasa bangganya mengikuti seleksi tersebut.

“Senang sekali, akhirnya saya lolos di tahap pertama dan lanjut mengikuti seleksi tes tahap 2 ini. Soalnya sudah mencoba beasiswa kemanapun selalu gagal dan baru kali ini lolos. Semoga bisa lolos sampai tahap akhir,” ungkap Revalina Nur Ramadhani, Mahasiswi Baru UPI Tasikmalaya asal Brebes-Jawa Tengah. Selasa (16/7/2024).

Sementara itu, Ketua Pelaksana HBI Cerdas Fauzi Ridwan menyampaikan rasa syukurnya atas kesempatan untuk menjalankan program HBI Cerdas.

[cut]


“Alhamdulillah antusias dari seluruh peserta untuk mengikuti program beasiswa HBI Cerdas sangat banyak sekali. Kami berharap program beasiswa HBI Cerdas ini dapat berlangsung seterusnya, dan lebih banyak lagi penerima manfaat akan program HBI Cerdas ini. Terimakasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti rangkaian seleksi tes HBI Cerdas, semoga lolos sampai akhir. Bagi yang tidak lolos, jangan berkecil hati karena masih banyak kesempatan diluar sana yang mungkin menjadi rezekinya,” ujar Fauzi (16/7/2024).

Sebagai seorang muslim, mengejar ilmu adalah sebagai sebuah keharusan bagi kita. Seperti dalam QS. Al-Mujadillah ayat 11, Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu di antara kamu sekalian. Semoga kita semua tergolong dalam orang-orang yang beriman dan berilmu.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini