Ketua PMI Kab.Ciamis Dilantik, Tingkatkan Kesadaran Donor Darah

Redaktur author photo
Ketua PMI Kab.Ciamis usai dilantik

inijabar.com, Ciamis- Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ciamis periode 2024-2029 resmi dilantik oleh Ketua PMI Provinsi Jawa Barat, Adang Rochjana, di Aula Sekretariat Daerah Ciamis, Rabu (31/7/2024).

Ketua PMI Provinsi Jawa Barat, Adang Rochjana menyatakan, PMI harus memiliki program dan tujuan yang akan dijalankan di kepengurusan lima tahun ke depan.

"Saya yakin pak Ling bisa melaksanakan dan menjalankan program PMI dengan baik, karena beliau juga sudah cukup memiliki pengalaman 3 kali memimpin PMI di Ciamis,” ucapnya.

“Masyarakat pun tanpa perlu diminta, akan mendukung dan membantu karena sudah merasakan banyak manfaatnya ketika pak Ling menjabat di periode sebelumnya,” ungkap Adang.

Dia juga menjelaskan, Misi PMI Jawa Barat ada 3, diantaranya Public Trust (kepercayaan masyarakat), Public Support (dukungan masyarakat) dan Public Participation (partisipasi masyarakat).

“PMI harus peduli, empati, mau berbagi, chemistry dan mau berkorban karena PMI berperan penting untuk menampung aspirasi dan partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, ingin menyadarkan masyarakat soal donor darah karena donor darah baru tercapai kurang lebih sekitar 2 persen dari penduduk Indonesia.

“Oleh karena itu kesadaran ini harus digali kembali bahwa apa yang di sumbangkan darahnya itu bukan untuk kepentingan PMI, tapi untuk kepentingan masyarakat lain,”kata Adang.

Sementara, Ketua PMI Ciamis terpilih Ling Syam Arifin mengungkapkan rasa senang dan apresiasi nya atas terselenggaranya acara pelantikan pengurus PMI Kabupaten Ciamis. 

"Atas nama pribadi, jajaran pengurus PMI Ciamis, relawan dan seluruh komponen PMI Ciamis menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Ketua PMI Provinsi Jawa Barat dan Pj Bupati Ciamis atas terlaksananya pelantikan ini,“ ucap Ling.

Sementara itu, Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna sangat menyambut gembira atas terlaksananya pelantikan ini, dan berharap pengurus baru bisa langsung menjalankan programnya.

“Atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten Ciamis, saya ucapkan selamat kepada ketua beserta jajaran pengurus. Mudah-mudahan PMI Ciamis di bawah kepemimpinan pak Iing bisa terus maju, berkembang dan terus tingkatkan pengabdiannya kepada masyarakat,”ungkapnya.

Engkus mengatakan, PMI dalam pengadaan darah di Ciamis masih sangat penting, program daripada transfusi darah ini menjadi prioritas PMI.

“Program dari transfusi darah ini perlu menjadi prioritas utama, sehingga masyarakat Ciamis jika memerlukan darah dapat segera dibantu dan permasalahan lainnya bisa tertangani,” tuturnya.

Engkus berharap keberadaan pengurus PMI cabang Ciamis bisa terus bekerjasama dengan Pemerintah Ciamis dengan membantu menjalankan program prioritasnya.

“Program proritas kami diantaranya pengendalian stunting, ini erat kaitannya dengan PMI juga pembangunan di bidang kesehatan serta program lainnya termasuk pembangunan sumber daya manusia mengingat misi kedepan yaitu mewujudkan indonesia emas tahun 2045,” pungkasnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini