Panwaslu Cimaragas Gelar Forum Warga dan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Redaktur author photo
Panwascam Cimaragas saat diskusi dengan tokoh masyarakat terkait partisipatif di Pilkada 2024

inijabar.com, Ciamis-  Panwaslu Kecamatan Cimaragas mengadakan kegiatan Forum Warga dan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif. Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat ini bertujuan untuk mendorong keterlibatan aktif warga dalam mengawal proses pemilu yang jujur dan adil. Sabtu, (13/7/2024).

Partisipasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian seluruh elemen masyarakat dalam mengawal pengawasan tahapan pilkada yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024.

Ketua Panwaslu Kecamatan Cimaragas, Cece Darajat mengungkapkan rasa syukurnya atas perkembangan pencocokan dan penelitian (coklit) yang telah mencapai hampir 95 persen. 

"Alhamdulillah sekarang sudah hampir 95 persen coklit padahal pelaksanaan sampai 24 Juli. Sekarang di Cimaragas untuk pilkada ini ada 28 TPS. Kami harap setelah forum warga lounching hari ini, warga bisa saling sharing terkait pengawasan, mari kita kawal coklit untuk menentukan pilkada lebih baik," katanya.

Selain itu, Heri Rianto selaku Camat Cimaragas juga memberikan tanggapan positif dalam kegiatan tersebut. Ia menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pilkada untuk memastikan proses pemilihan berjalan dengan baik dan transparan.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih aktif dalam mengawasi jalannya pemilu dan memastikan bahwa setiap tahapan berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku," Tukasnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 6 orang perwakilan dari setiap desa, termasuk kepala desa, MUI desa, BKMM desa, Muslimat desa, PKK desa, karang taruna, serta satu pemilih pemula dari setiap desa. Selain itu, hadir juga perwakilan komunitas olahraga, Camat Cimaragas, Kapolsek, Danramil, staf Panwaslu dan PKD, serta narasumber.

Dengan adanya forum warga ini, diharapkan masyarakat Kecamatan Cimaragas semakin aktif dalam mengawal dan mengawasi setiap tahapan pilkada, sehingga tercipta pemilihan yang lebih baik dan berkualitas.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini