Peringati Hari Jadi Desa Ciparigi ke 244, Warjo Ziarah ke Makam Kuwu Pendahulunya

Redaktur author photo
Kades Ciparigi Warjo Sugiarto dan jajarannya saat ziarah ke makam pendahulu.

inijabar.com, Ciamis- Desa Ciparigi memperingati hari jadi  ke-224 dengan melakukan ziarah ke makam para kepala desa pendahulu.

Kepala Desa Ciparigi Warjo Sugiarto mengatakan, ziarah yang dilakukannya untuk mengingat jasa-jasa kepala desa atau kuwu sebelumnya sejak Desa Ciparigi terbentuk tahun 1780.

"Dari 15 kepala desa yang tercatat sejak berdirinya Desa Ciparigi pada tahun 1780 hanya 6 kepala desa yang sudah meninggal dan makam nya bisa diketemukan,"ungkap Warjo. Jumat (19/7/2024).

Makam yang pertama diziarahi adalah makam kuwu Bintang atau yang dikenal nama Padma Disastra.

"Pertama kami melihat ke makam Kuwu Bintang atau almarhum bapak Padma Disastra. Lalu dilanjutkan ke makam Kuwu Diem karena baru ketemu sekarang padahal bapak Kuwu Diem sudah menjabat selama 1800 sampai 1823. Sesuai rute kita ke makam Pa Engkos, Supria Dinata, Omon  Tang Suhendi, dan terakhir alamarhum bapak Ukiwa,"bebernya.

Warjo menyatakan, sementara makam mantan kuwu yang lain belum ditemukan.  sementara Kuwu Ciparigi yang masih hidup sampai sekarang ada tiga orang.

"Yang masih hidup mantan Kuwu Ciparigi yakni bapak Kuwu Surli, Kalsum dan saya sendiri Warjo Sugiarto,"ucap Warjo.

Dia menjelaskan, dalam peringatan  hari jadi Ciparigi ke 224 tahun akan digelar juga acara lainnya.

"Untuk puncak acara nanti malam (Jumat,19/7/2024) kita mengadakan tawasulan di halaman desa dan santunan untuk anak yatim piatu serta anak-DTA yang berprestasi di tingkat Kecamatan maupun di tingkat Kabupaten,"terang Warjo.

"Harapan kedepan kita tetap bersatu untuk  menjaga  memajukan dan  memiliki Desa Ciparigi. Mudah-mudahan kedepanya bisa lebih maju di segala bidang,"tandasnya.(diki)

Share:
Komentar

Berita Terkini