Peserta Duta GenRe Tingkat Ciamis Bilang Masih Ada Persoalan Besar di Kalangan Remaja

Redaktur author photo
Para pemenang Pemilihan Duta GENRE tingkat Kabupaten Ciamis

inijabar.com, Ciamis- Gelaran acara Pemilihan Duta GenRe tingkat Kabupaten Ciamis yang di ikuti 54 peserta dari 27 kecamatan se-Kabupaten telah selesai dilaksanakan pada Kamis (4/7/2024).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Ciamis, Dr Dian Budiyana, mengatakan, untuk menjadi seorang duta GenRe wajib memiliki program kerja unggulan yang berupa advokasi nyata dan solutif untuk menangani masalah masalah yang terjadi di kalangan remaja. 

"Semoga pemenang duta GenRe kedepannya dapat membuat program yang lebih inovatif dan inspiratif dalam mengedukasi remaja untuk merencanakan masa depannya,” harap Dian.

Masih menurut Dian, duta GenRe merupakan duta yang memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikan program DP2KBP3A kepada remaja dan masyarakat luas dalam menghindari TRIAD KRR (TIga Ancaman dalam Reproduksi Remaja) yaitu Seks Bebas, Pernikahan Dini dan Napza.

Salah seorang peserta Duta GenRe Malika Azahra Sakina Kurnia mengatakan, motivasinya mengikuti lomba duta genre ini untuk menurunkan angka resiko Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yaitu Seksualitas (sex pranikah), HIV/ AIDS dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Menurutnya, hal tersebut merupakan masalah besar yang ada lingkungan remaja.

“Jadi ada tiga masalah besar remaja di Indonesia saat ini yaitu, penyalahgunaan Napza, seks pranikah, dan pernikahan dini. Duta GenRe juga  bertugas memberikan edukasi untuk menekan angka permasalahan itu,” ujarnya.

Malika menambahkan bahwa pemilihan duta genre bukan ajang untuk menunjukkan kehebatan dan berhenti sampai di nobatkan menjadi pemenang. 

"Namun bagaimana duta ini bisa memberikan edukasi ke remaja dan kontribusi kepada masyarakat selama menjabat jadi duta dalam setahun,”tandasnya.

Adapun hasil Pemilihan duta GenRe Kabupaten Ciamis sebagai berikut,

- Juara 1 Putra Danish Ara Zaynu Kecamatan Ciamis.

- Juara 2 Putra Alvian Permana Sakirna Kecamatan Banjarsari.

- Juara 3 Putra Teguh Santoso Kecamatan Pamarican.

- Juara 1 Putri Nashwa Lidya Maheswari Kecamatan Banjarsari

- Juara 2 Putri Malika Azzahra Sakina Kurnia Kecamatan Ciamis.

- Juara 3 Putri Nazwa Haifa Nurkamila Kecamatan Sadananya.

- Best Challenge Putra Verdi Mardiansah Kecamatan Panumbangan.

- Best Challenge Putri Dwi Annisa Sulistia Kecamatan Purwadadi.

- Best Costum Putra Budi Noviansyah Kecamatan Sukadana.

- Best Costum Putri Agisna Nur Azkania Kecamatan Cisaga

Duta Genre Favorit Putra Samsul Kecamatan Rajadesa.

- Duta Genre Favorit Putri  Agni Nurul Rizka Kecamatan Tambaksari.

- Best Inovasi Putra Ahmad Rifal Kecamatan Sukamantri.

- Best Inovasi Putri Ayu Khoirunisa Kecamatan Baregbeg. (Edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini