Plh Disdik Jabar Cerita Ada Satu Oknum Yang Titip 100 Calon Siswa di PPDB 2024

Redaktur author photo
Foto: ilustrasi

inijabar.com, Kota Bandung- Meskipun sudah sepakat komitmen mensuksekan proses PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) 2024 di Jawa Barat.

Namun praktek praktek titip menitip calon peserta didik. Mulai dari oknum pejabat, LSM hingga oknum aparat penegak hukum (APH).

Hal itu dikatakan Plh Kadisdik Jawa Barat, Ade Afriandi bahwa dirinya pun termasuk yang dirayu oknum yang ingin menitip siswa dalam proses PPDB.

“Bukan ditemukan, ada. Jangankan ke kepala sekolah, ke wakil kepala sekolah juga ada. Ke saya juga ada (yang mencoba menitipkan CPD saat PPDB 2024). Dan itu juga lengkap, dari oknum APH, ormas, LSM, oknum kalangan eksekutif dan legislatif, semua ada,”ucap Ade, Sabtu, (6/7/2024).

Dia menyatakan, oknum-oknum yang menitipkan calon siswa ini menginginkan sekolah-sekolah tertentu. 

Praktek titipan ini pun jumlahnya bervariatif. Bahkan, kata Ade, ada satu oknum ada yang menitipkan 10 hingga ratusan. Namun untuk jumlah pasti titipan ini, Ade belum mau menyebutkan.

“Ada yang satu orang (oknum) itu (menitipkan) 168 siswa ketika PPDB 2024. Ada yang satu orang titipanya 10, ada yang 20, ada yang 40, ada yang seratusan,” ujarnya.

“Panitia PPDB Jawa Barat akan melakukan rapat evaluasi secara menyeluruh. Kami akan menyampaikan titipan dari siapa, dari pejabat mana, ada berapa orang. Kami akan menyampaikan agar pimpinan mengetahui, siapa saja yang selama ini menjadi bagian dalam titip menitip dalam rekomendasi,”tutur Ade.

Pj Gubernur Jabar bersama berbagai pihak menandatangani pakta integritas tentang pemberantasan jual beli kursi dan CPD titipan pada PPDB 2024.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini