Sebanyak 200 Siswa SD se Kec.Ciamis Ikuti Festival Tunas Bahasa Ibu

Redaktur author photo

Salah satu peserta Festival Tunas Bahasa Ibu

inijabar.com, Ciamis- Untuk melestarikan budaya dan merevitalisasi bahasa ibu utamanya bahasa Sunda, Korwil Pendidikan Ciamis menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat kecamatan Ciamis. Festival FTBI berlangsung di Gedung SDN 1, 2 Cigembor.

Menurut Ketua Panitia FTBI, Seno Kastomi mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh 200 siswa siswi SDN se Kecamatan Ciamis. Tujuan kegiatan supaya peserta lebih memahami untuk mengembangkan bahasa Ibu yang sekarang ini sedikit berkurang.

”Harapannya tiap sekolah tetap menjaga dan melestarikan atau ngamumule bahasa ibu di sekolah masing masing,” ungkapnya.

Seno menyebutkan, peserta yang lolos pada kegiatan ini, nantinya akan diikutsertakan di tingkat kabupaten Ciamis pada tanggal 5 Agustus mendatang. Dimana pada Festival yang lalu kecamatan Ciamis bisa menjadi juara di tingkat Provinsi.

”Mudah-mudahan tahun ini juga Ciamis, kembali bisa meraih juara dan lolos nominasi,” harapnya.

Seno mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan sehingga kegiatan ini berjalan lancar.

Ada 7 mata lomba yang dilombakan yaitu, pupuh, biantara, ngadongeng, borangan, maca sajak, nulis aksara sunda, dan cerpon. Semua, harus di kuasai oleh para peserta yang ikut lomba tersebut.

"Mungkin lomba ini, bisa menjadi motivasi untuk peserta lomba untuk mempersiapkan ke tingkat Kabupaten," pungkasnya.(diki)

Share:
Komentar

Berita Terkini