Secara Swadaya Warga Desa Ciparigi Perbaiki Jalan Penghubung 2 Dusun

Redaktur author photo


Secara swadaya warga Desa Ciparigi memperbaiki jalan penghubung dua dusun di Desa tersebut. 

inijabar.com, Ciamis- Demi meningkatkan perekonomian masyarakat dan membantu masyarakat terutama yang melakukan mobilitas dan aktivitas baik dari sektor pertanian maupun perdagangan. 

Karena jalan tersebut salah satu akses utama dalam melakukan aktivitas bagi semua masyarakat.

Jalan poros tersebut menghubungkan dua dusun di desa Ciparigi, Kecamatan sukadana, Kabupaten Ciamis, jawa barat. Panjang jalan yang di perbaiki kurang lebih 550 meter.

Dari sumber dana desa yang dikerjakan swakelola oleh masyarakat.

Sebelumnya jalan tersebut rusak dan masyarakat kesulitan melewati jalan tersebut, yang sebagian besar menunjang kehidupan masyarakat, sementara jalan tersebut satu-satunya untuk menuju lahan pertanian.

Adapun dalam pengerjaan jalan secara gotong royong banyak kekurangan nya, baik dari segi bahan yang di pakai ataupun yang lainnya. Tetapi, tidak mengurangi ketentuan yang berlaku.

Kendati demikian, ada perubahan dari bahan pengerasan itu pun demi kekuatan jalan tersebut untuk lebih bagus kedepannya, karena dipandang jalan tersebut memiliki kontur tanah yang sangat labil. Makanya, bahan pengerasan harus yang lebih baik.

Jalan ini sangat memudahkan warga desa untuk melakukan kegiatan atau aktifitas lainnya dalam transportasi maupun jalan kaki, dikarenakan hal ini bisa memudahkan serta mempercepat aktifitas perjalanan.

"Karena di sini jalanya yang begitu labil dan sudah terlalu rusak untuk mengantisipasi supaya jalan ini tidak rusak berat berat memakai batu agak besar sedikit ditambah diperkeras oleh batu 2/3,"ucap pengurus LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Tarja.

Ini jalan yang sudah terlalu lama yang sudah tidak di rehab jadi ini jalan sudah pada bergelombang dan berlubang  karna terlewati oleh beban berat setiap harinya 

"Kami mengharapkan karena memakai bahan baku seperti ini  maksimal kedepanya untuk  memperkeras jalan yang sudah begitu labil menjadi baik kembali,"ujarnya.

Masyarakat sangat mengapresiasi terhadap perbaikan jalan tersebut. Dan juga, ucapan terima kasih kepada kepala desa ciparigi yang telah memperhatikan akses jalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.(diki)

Share:
Komentar

Berita Terkini