Sekda Kuningan Ambil Cuti, Siap Maju Calon Bupati

Redaktur author photo


Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar akhirnya siap maju di Pilkada 2024.

inijabar.com, Kuningan- Keputusan Cuti Sekda Kuningan, H. Dian Rachmat Yanuar, yang akan maju di kontestasi Pilkada Kuningan 2024 dinilai sebuah keputusan berani dan tepat.

Sekedar diketahui, Dian pada Jumat 19 Juli 2024 kemarin, mengirimkan pesan yang menyatakan pengunduran dirinya untuk maju sebagai bakal calon bupati Kuningan 2024.

"Kepada masyarakat Kuningan yang saya cintai dan rekan-rekan birokrat yang Saya hormati dan Saya cintai, terkait pemberitaan mengenai pencalonan diri Saya sebagai Bupati, ada beberapa hal yang perlu saya klarifikasi,"tulisnya.

Dari lubuk hati yang terdalam Dian mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada dirinya.

"Dan sungguh Saya merasa terhormat atas penilaian masyarakat terhadap diri Saya, bahwa Saya dianggap punya kapasitas untuk menjadi Bupati Kuningan,"ujarnya.

[cut]


Sebelumnya, kata dia, tidak ada niat sedikitpun untuk mencalonkan diri menjadi kepala daerah Kabupaten Kuningan.

"Saya tetap tegak lurus menjalankan amanah yang dibebankan kepada Saya untuk melaksanakan tugas sebagai Sekretaris Daerah dan itu berkali-kali Saya sampaikan melalui media, karena memang itu lah yang Saya rasakan,"ungkap Dian.

Proses untuk mencalonkan diri menjadi Bupati Kuningan, kata dia,  tidak mudah, butuh perhitungan matang serta proses yang panjang, termasuk di dalamnya ada proses kontemplasi diri.

"Apakah Saya bisa, apakah Saya mampu, baik secara moril, maupun materil. Namun dalam proses itu, dukungan dari bawah makin banyak, gelombangnya makin kuat mendorong Saya untuk menjadi bakal calon Bupati Kuningan,"klaim Dian.

Diriinya juga mengapresiasi adanya inisiatif masyarakat Kuningan yang telah membuat spanduk, baliho dukungan secara swadaya.

[cut]


"Hal tersebut Saya artikan sebagai bentuk perhatian yang tulus serta adanya harapan baru, yang muncul bahkan dari orang-orang yang Saya tidak kenal secara pribadi,"kata Dian.

Proses politik dan perenungan yang panjang, sambung Dian, akhirnya membawanya ke satu titik, bahwa sebagai birokrat harus memutuskan secara pasti agar situasi yang saat ini berkembang tidak menjadi hal yang merugikan berbagai pihak. 

"Salah satunya, terkait dengan posisi Saya sebagai birokrat, bahwa dukungan relawan tersebut dianggap sebagai salah satu bentuk ketidaknetralan Saya sebagai ASN.  Maka, sebagai ASN yang patuh pada aturan, meskipun masih ada ketidakpastian terkait proses politik, Saya harus mengambil keputusan untuk kebaikan semua.  Saya tidak mau menyulitkan pimpinan maupun staf Saya. Aturan adalah aturan, Saya wajib mentaati dan melaksanakannya,"tuturnya.

"Maka di hari baik ini, bada Jumatan, dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, Saya sampaikan bahwa Saya sudah mengajukan cuti di luar tanggungan negara (CLTN) hari Kamis 18 Juli 2024 kemarin dan sudah disetujui oleh atasan Saya pak PJ Bupati Kuningan dan sekarang sedang berproses usulannya  di BKPSDM untuk diusulkan ke BKN Pusat,"ungkap Dian.

"Oleh karena itu jauh-jauh hari, sebenarnya Saya sudah berkomunikasi dan berkonsultasi kaitan berkas-berkas kelengkapan untuk proses usulan Cuti CLTN dengan BKPSDM sebelum surat dari BKN keluar dan itu sudah dikemukakan dalam pemberitaan sebelumnya yang disampaikan oleh PLT Kepala BKPSDM,"terangnya.

[cut]


Kemudian, kata dia, dengan adanya tahapan dan proses pengusulan yang harus dilalui, dia menegaskan akan cuti mulai 1 Agustus 2024.

"Insya Allah, efektif per tanggal 1 Agustus 2024, Saya mulai melaksanakan cuti diluar tanggungan Negara sampai dengan 22 September 2024,"ujarnya.

Dian juga menyampaikan permohonan maaf  kepada PJ Bupati Kuningan dan rekan-rekan birokrat jika selama bekerja ada hal-hal yang kurang berkenan di hati rekannya.

"Mohon izin Saya mencoba berjuang di jalur politik dengan niat untuk membangun Kuningan yang lebih baik, Kuningan yang bisa menjadi rumah bagi semua.  Dengan segala kerendahan hati, Saya izin pamit sejenak dari dunia birokrasi. Terima kasih,"tutup Dian.(rojik)

Share:
Komentar

Berita Terkini