Di Acara Jalan Santai Hut RI ke 79, Panwascam Baregbeg Gelar Stand Pojok Pengawasan

Redaktur author photo
Panwascam Baregbeg memberikan sosialisasi pengawasan partisipatif pada masyarakat jelang Pilkada Ciamis 2024.

inijabar.com, Ciamis- Memanfaatkan momen perayaan HUT RI ke 79 yang digelar oleh Pemerintah Desa Karang Ampel Kecamatan Baregbeg pada Minggu (11/8/2024). Panwascam Baregbeg membuka stand  Pojok Pengawasan guna mensosialisasikan pengawasan partisipatif untuk Pilkada Ciamis 2024.

Ketua Panwascam kecamatan Baregbeg Derry Ridwan menyatakan, dalam konteks pemilihan umum, kemerdekaan berarti tidak hanya bebas dari penindasan politik tetapi juga memiliki sistem pemilu yang adil, transparan, dan partisipatif.

"Pengawasan partisipatif yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, merupakan salah satu mekanisme penting dalam memastikan bahwa prinsip-prinsip ini diterapkan,"ujar Derry. Minggu (11/8/2024).

"Di acara jalan santai HUT RI ke 79 ini, kami beserta jajaran Panwascam mengajak masyarakat kecamatan Baregbeg untuk siap mengawal pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024,"sambungnya.

Pengawasan partisipatif, kata Derry, sejatinya mendorong keterlibatan publik secara aktif dalam proses pemilihan. Masyarakat dapat berperan sebagai pemantau pemilu, berpartisipasi dalam setiap tahapan, sekaligus mengantisipasi potensi pelanggaran yang mungkin terjadi. 

"Keterlibatan ini tidak hanya memastikan transparansi tetapi juga menguatkan rasa kepemilikan dan tanggung jawab terhadap hasil pemilihan umum,"ucapnya.

Dalam konteks Hari Kemerdekaan, lanjut Derry, akan mencerminkan semangat partisipasi dan tanggung jawab yang merupakan bagian dari kebebasan dan kedaulatan.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini