Festival Kuliner Nasi Uduk Dapat Antusias Warga Kota Bekasi

Redaktur author photo
Festival Kuliner Nasi Uduk sukses digelar di halaman Pemkot Bekasi.

inijabar.com, Kota Bekasi- APJI (Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia) DPC Kota Bekasi menggelar Festival Kuliner Nasi Uduk di lapangan Pemkot Kota Bekasi dengan melibatkan banyak pegiat UMKM di Kota Bekasi. Jumat (30/8/2024).

Acara yang di buka oleh PJ Wali Kota Bekasi Gani Muhammad tersebut juga menyediakan 1000 nasi uduk yang dibagikan kepada pengendara ojek online, kaum dhuafa dan lainnya.

Ketua APJI Kota Bekasi Ida Rosida mengatakan, di setiap daerah di Indonesia punya makan khasnya sendiri seperti Jogja dengan gudeknya, Solo punya liwet, Cirebon punya nasi Jamblang.

"Dari situ APJI mempunyai gagasan untuk melestarikan nasi uduk khas Bekasi dengan melibatkan banyak sekali palaku UMKM nya,"ujar Ida Rosida. Jumat (30/8/2024).

Senada dikatakan, Ketua Panitia Pelaksana Ira  Dyah Loka, bahwa Festival Kuliner Nasi Uduk ini bertemakan melestarikan nasi uduk sebagai warisan kuliner Nusantara dan juga pemberdayaan UMKM.

"Antusias dari masyarakat luar biasa, dari pagi sampai sore orang tidak beranjak, artinya memang semuanya menikmati dan kami di sini ada berapa program selain pembagian 1000 nasi uduk gratis,"ucapnya.

[cut]


Juga, lanjut Ira, ada pembagian bantuan modal kerja untuk pelaku UMKM dari perwakilan 12 Kecamatan.

"Jadi yang membuat nasi uduk tadi kita beri bantuan oleh ibu Tasyah Mega Nada Yuki,"ujarnya.

Selain itu, ada juga lomba tumpeng dan ada 26 peserta yang berpartisipasi, ada juga demo memasak, Bazar UMKM, ada pemeriksaan kesehatan gratis dan UMKM naik level.

APJI, kata Ari sebagai penyelenggara memberi dukungan kepada pelaku UMKM yang akan membuat sertifikasi ESPIRT, Halal, NIB.

"Kami merupakan wadah para pengusaha kuliner tapi kita juga merakul para pelaku UMKM di sini. UMKM nya macam-macam ada yang besar, sedang, kecil bahkan mikro dan ultra,"katanya.

"Di sini kita saling bekerjasama kita saling mendukung dan kita berupaya supaya pelaku UMKM yang mungkin perlu kita bantu kita support sehingga bisa naik level,"ujarnya.

[cut]


Pihaknya menyatakan akan membuat event yang sama di 12 kecamatan di Kota Bekasi secara roadshow.

"Kota Bekasi harus mencintai nasi uduk. Karena nasi uduk menjadi makanan identitas Kota Bekasi kalau di tempat-tempat lain ada makan khasnya masing-masing, siapa yang akan melestarikan, mempromosikan kalau nggak dari kita para pelaku jasa boga seperti ini,"tandasnya.(firman)

Share:
Komentar

Berita Terkini