HUT Provinsi Jabar ke 79, DPRD Apresiasi Sejumlah Capaian Prestasi

Redaktur author photo


Pj Gubenru Jabar saat memperingati HUT Provinsi Jabar ke 79

inijabat.com, Kota Bandung- Pembangunan Provinsi Jabar dalam kurun 79 tahun pada peningkatan meski dalam catatan yang perlu ditingkatkan.

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin dalam rapat paripurna HUT Ke-79 Provinsi Jabar pada Senin (19/8/2024).

Bey menyatakan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2023 mencapai 74,24 poin, meningkat 1,12 poin dibanding tahun 2022 dengan capaian 73,12 poin.

"Peningkatan ini mencerminkan keberhasilan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, dan standar hidup layak,"ucap Bey.

Sementara, laju pertumbuhan ekonomi pada triwulan II tahun 2024 tumbuh 4,95 persen (year on year/yoy). Pertumbuhan ini menggambarkan ketahanan ekonomi Jabar di tengah tantangan global yang tak menentu.

[cut]


"Dengan upaya konsisten mengembangkan sektor-sektor unggulan, meningkatkan investasi, dan mendorong inovasi di berbagai bidang, kami berhasil menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," katanya.

Di hadapan anggota dewan, forkopimda, dan para bupati/wali kota se-Jabar, Bey juga mengungkapkan tingkat pengangguran terbuka di Jabar juga terus menurun.

Di bulan Februari 2024 tercatat di angka 6,91 persen, turun 0,98 persen atau setara dengan 217.000 orang. Pada bulan yang sama di tahun 2023 tingkat pengangguran terbuka sebesar 7,89 persen.

Begitu pula dengan angka kemiskinan, pada Maret 2024 tercatat 7,46 persen, turun 0,16 persen atau setara dengan 39,93 ribu orang terhadap Maret 2023.

Indeks Gini pada Maret 2024 tercatat sebesar 0,421 poin, menurun 0,004 poin dibandingkan Maret 2023 sebesar 0,425 poin.

DPRD Jabar sendiri mengapresiasi berbagai capaian Pemprov Jabar, diantaranya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk ke-13 kalinya.

[cut]


Menurut Ketua DPRD Provinsi Jabar Taufik Hidayat, bahwa Jabar  mendapat penghargaan sebagai provinsi terbaik pertama dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 yang diberikan Kementerian Dalam Negeri, Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 sebagai daerah terbaik pertama di Indonesia dalam pembangunan daerah.

"Pencapaian ini didukung inovasi Gerbang Desa (Gerakan Membangun Desa) yang melahirkan 1.820 Desa Mandiri yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), dan penghargaan lainnya. Semoga prestasi dan penghargaan tersebut dapat meningkatkan pengabdian dan pelayanan Pemprov Jabar kepada masyarakat Jabar," ucap Taufik.

Selain menyampaikan apresiasi atas berbagai keberhasilan Pemprov Jabar, dalam rapat paripurna memperingati Hari Jadi ke-79 Provinsi Jabar, DPRD Jabar juga menyampaikan penghormatan yang setinggi-tingginya atas perjuangan para pendahulu yang telah memperjuangkan Jabar sebagai salah satu provinsi termaju di Indonesia.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini