Jelang HUT RI, Kodim 0613 Ciamis Bedah Rumah Warakuwuri

Redaktur author photo
Kodim 0613/Ciamis bedah rumah warakawuri

inijabar.com, Banjar- Kodam III/Siliwangi mengadakan program sosial berupa bedah/rehab rumah para veteran yang tidak layak huni (rutilahu) menjadi layak huni di wilayah Jawa Barat dan Banten. 

Program ini dilaksanakan Kodim 0613/Ciamis dilaksanakan di kediaman Emiyati seorang Warakawuri di wilayah  Dusun Wargamulya RT.08 RW.17, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar.

Emiyati merupakan istri dari Almarhum Uchi Ruihiyat veteran TNI AD. Diketahui almarhum terakhir bertugas sebagai anggota Koramil 1312/Cisaga Kodim 0613/Ciamis.

"Hari ini kita mulai melaksanakan kegiatan perehaban rutilahu. Ini merupakan program Kodam III/Siliwangi dan perintah dari Bapak Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar untuk merehab rumah salah satu mantan veteran TNI di Kota Banjar," ujar Danramil 1313/Banjar Mayor Inf Dedi Suhendi di lokasi, Kamis (01/8/2024).

Dedi Suhendi menuturkan, hari ini mulai dilakukan pekerjaan dengan pembongkaran rumah. 

"Ini dikerjakan oleh anggota Kodim 0613/Ciamis bersama masyarakat Lingkungan Wargamulya serta sejumlah instansi terkait di Kota Banjar,"ujarnya.

"Rehab ini kita laksanakan selama 15 hari. Kita tergetkan tanggal 17 Agustus 2024 nanti kita serahkan kunci dan bisa ditempati oleh Ibu Emiyatin," kata Dedi.

Dia menambahkan, program yang dilaksanakan TNI AD khususnya Kodam III/Siliwangi dan Kodim 0613/Ciamis bisa memberikan manfaat terutama Warakawuri yang rumahnya direhab.

"Semoga ini bisa memberikan kenyamanan terhadap veteran/warakawuri. Sehingga beliau (Emiyatin) dimasa tua ini dengan rumah yang layak untuk dihuni, tidak takut roboh dan sebagainya," katanya.

Terpisah, Emiyatin (75) mengungkapkan rasa syukur atas perhatian dan kepedulian Kodam III/Siliwangi dan Kodim 0613/Ciamis yang telah membantu merehab rumah yang ditempatinya. Kepedulian ini menjadikan dirinya tak perlu khawatir lagi akan roboh karena sudah diperbaiki.

"Saya bersyukur mendapat bantuan perbaikan rumah, jadi gak khawatir takut rubuh lagi rumah saya. Karena sudah lama rumah ini tidak diperbaiki," tuturnya.

Emiyatin turut  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Pangdam lll Siliwangi, dan Bapak Dandim Ciamis atas bantuan bedah rumah ini. Saya tidak menyangka sebelumnya akan mendapat bantuan ini," katanya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini