Kabar Puluhan Hewan Ternak Mati Diterkam Anjing Liar, Pemkab Pangandaran Keluarkan Himbauan

Redaktur author photo
Ilustrasi

inijabar.com, Pangandaran- Kepala Dinas Pertanian Pangandaran Yadi Gunawan mengeluarkan himbauan terkait laporan banyaknya hewan ternak yang mati dimangsa hewan liar.

 Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran mengeluarkan imbauan terkait maraknya kematian hewan ternak yang dimangsa anjing liar.

Pemkab Pangandaran, kata Yadi, mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan antisipasi terjadinya kematian hewan ternak domba akibat serangan predator anjing liar.

Hasil survei yang pihaknya lakukan di wilayah Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran beberapa waktu lalu juga membuktikan benarnya informasi tersebut.

Himbauan yang dikeluarkan Kadistan tersebut tertuang dalam Surat Pemberitahuan No: 524/1613/DISTAN.4/VII/2024 yang ditujukan untuk semua peternak, khususnya para peternak domba yang ada di wilayah Kabupaten Pangandaran.

“Berdasarkan laporan dari masyarakat dan hasil surveillance, terjadi kasus kematian hewan ternak domba yang dimangsa anjing liar. Kejadiannya berlangsung sejak bulan Juli lalu. Dan surat imbauannya dikeluarkan pada tanggal 5 Juli,” kata Yadi, Kamis (8/8/2024).

Dia menjelaskan, di wilayah Kecamatan Parigi saja ada 70 kasus kematian hewan ternak domba yang dimangsa oleh anjing liar.

“Lalu, kejadian serupa juga terjadi di wilayah Kecamatan Langkaplancar sebanyak 10 kasus. Jadi jumlah total semuanya ada 80 kasus yang dilaporkan,” jelasnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, Yadi meminta agar masyarakat, khususnya para peternak di wilayah Kabupaten Pangandaran untuk selalu waspada dan menjaga keamanan hewan ternaknya.

“Atas kejadian itu, kami mengimbau kepada peternak supaya melakukan antisipasi, seperti menjaga kebersihan area kandang, memasang lampu penerangan yang cukup di dalam kandang dan juga lingkungan kandang,” bebernya.

Kemudian, lanjut Yadi, peternak juga harus membuat konstruksi kandang dan area sekitar kandang yang kokoh. Serta tidak membuat ruang yang memudahkan predator (anjing liar) masuk ke dalam kandang dan area kandang.

Pengamanan terhadap kandang hewan ternak peliharaannya dengan cara membuatkan pagar. Untuk menjaga keamanan ternak, bagi para peternak yang masuk sebagai anggota kelompok ternak agar membuat jadwal piket.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini