KPU Ciamis Masih Sepi, Pasangan Herdiat-Yana Daftar Di Hari Ketiga

Redaktur author photo
Suasana kantor KPU Ciamis di hari pertama pendaftaran pasangan calon Pilkada 2024.

inijabar.com, Ciamis- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menyatakan baru satu pasangan yakni Calon Bupati Herdiat Sunarya dan Cawabup Yana D Putra yang mengkonfirmasi melalui tim nya akan mendaftar di hari terakhir Kamis (29/8/2024) pagi.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Ciamis Oong Ramdani pada media di kantor KPU Kabupaten Ciamis. Suasana di kantor KPU  Jalan Sudirman 43 Kabupaten Ciamis terlihat cukup lengang di hari pertama pendaftaran. Belum terlihat adanya keramaian rombongan pasangan calon kepala daerah yang mendaftar.

"KPU sudah membuka pendaftaran pasangan Bupati  dan Wakil  Bupati akan tetapi, hari pertama pendaftaran pada Selasa (27/8/2024), tidak ada satupun paslon yang  mendaftar,"ujar Oong.

Hingga pagi tadi, kata Oong, KPU Kabupaten Ciamis belum mendapat konfirmasi terkait paslon yang akan mendaftar. Namun sesuai surat pemberitahuan dari Koalisi Ciamis Maju (Herdiat-Yana) akan daftar pada hari Kamis 29 Agustus 2024.

Seperti diketahui, pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dilakukan mulai 27-29 Agustus 2024.

KPU akan menjalankan revisi PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Kepala Daerah yang mengakomodir putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam PKPU itu, terdapat pasal yang mengakomodir putusan MK tersebut, salah satunya pasal 11 di mana kabupaten/kota dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih kabupaten Ciamis kurang dari satu juta jiwa.

Partai politik peserta Pemilu atau gabungan Parpol peserta Pemilu harus memperoleh suara sah paling sedikit 7,5 persen di kabupaten/kota tersebut.

"Berdasar surat dari tim pemenangan paslon Herdiat Yana ( koalisi ciamis maju) hari kamis 29 Agustus 2024 (pasangan calon) mulai melakukan pendaftaran sekitar pukul 09.00wib estimasi masa 4 ribu peserta,"tandas Oong.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini