Launching Univ.Muhamadiyah Kuningan Bisa Jadi Role Model di Jabar

Redaktur author photo

Jajaran Univ.Muhamadiyah Kuningan

inijabar.com, Kuningan- Setelah melalui proses merger antara STKIP ( Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dan STIKes (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Muhamadiyah. Akhirnya Universitas Muhamadiyah Kuningan dilaunching. Minggu (18/8/2024).

Melalui Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI (Kemendikbud Ristek) yang berlaku sejak 3 Juli 2024.

Ketua STIKes Muhamadiyah Kuningan, Wawang Anwarudin, menjelaskan tujuan dari penggabungan (merger) dua kampus tersebut.

"Universitas Muhammadiyah ini sudah diresmikan oleh Kemendikbud Ristek. Untuk Jawa Barat, kampus ini berada di Kuningan, Cirebon, dan Cileungsi. Selain itu, juga terdapat di Lampung dan Kota Tegal, Jawa Tengah," ucap Wawang di kampus 2 Universitas Muhammadiyah Kuningan, Jalan Raya Cigugur, pada Minggu (18/8/2024).

Wawang bangga dan mengapresiasi kerja sama ini, dan berharap agar universitas ini dapat berkembang menjadi perguruan tinggi favorit di Jawa Barat dan Indonesia serta berkontribusi pada kemajuan pendidikan di Kabupaten Kuningan.

[cut]


Peluncuran Universitas Muhammadiyah Kuningan akan dirayakan dengan berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan, seperti khitanan massal dan olahraga jalan santai.

Diharapkan bahwa Universitas Muhammadiyah Kuningan akan menjadi barometer pendidikan di daerah tersebut dan berkontribusi pada kemajuan masyarakat serta pendidikan di Kabupaten Kuningan dan sekitarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua STKIP Muhammadiyah, Nanan Abdul Manan mengatakan, setelah dimerger maka Universitas Muhammadiyah Kuningan (UM Kuningan) termasuk salah satu kampus yang memiliki mahasiswa terbanyak. Ada tiga kampus di Kuningan.

Muhamadiyah Jawa Barat menargetkan agar kampus ini menjadi model dan barometer bagi perguruan tinggi lain di Jawa Barat dan Indonesia.

"Kondisi geografis dan situasi di Kuningan sangat mendukung untuk menjadi salah satu kampus terbaik. Dukungan dari tokoh-tokoh senior Muhamadiyah dan masyarakat sekitar juga sangat luar biasa. Kami berharap, dengan sinergi yang baik ini, kampus Muhammadiyah di Kuningan bisa menjadi yang terdepan," ujarnya.

[cut]


Universitas Muhammadiyah Kuningan menawarkan berbagai program studi, mulai dari S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah hingga S1 Peternakan. Dengan harapan agar institusi ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan.

Peluncuran ini juga akan dirayakan dengan berbagai kegiatan di dua kampus, yakni Kampus Ilmu Kesehatan dana Kampus Ilmu Pendidikan.(Rojik)

Share:
Komentar

Berita Terkini