Peluncuran Buku Sejarah Desa Cisadap, Nanang Karmana: Bisa Jadi Rujukan Sejarah

Redaktur author photo
Penulis buku sejarah Desa Cisadap Nanang Karmana. 

inijabar.com, Ciamis- Banyak yang belum mengetahui bahwa sejarah Desa Cisadap terbentuk dari penyatuan dua desa kecil, yaitu Cibodas dan Cibuni (Cibeunying), pada masa kolonial Belanda sekitar tahun 1903.

Sejarah tersebut dituangkan ke dalam sebuah buku berjudul Sejarah Desa Cisadap dalam Perspektif Warisan Budaya yang ditulis oleh Kepala SDN Sindangrasa 2, Nanang Karmana.


Nanang yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Cisadap menyebut, buku setebal 60 halaman tersebut merangkum berbagai aspek penting tentang Desa Cisadap. 

"Mulai dari sejarah berdirinya desa, profil desa saat ini, tradisi dan adat istiadat, hingga kondisi pendidikan dan mata pencaharian penduduk,"ujar Nanang. Selasa (13/8/2024).

Buku ini, kata Nanang, memuat fakta bahwa Desa Cibodas yang lebih dulu berdiri, kini lokasinya telah menjadi permukiman warga.

"Desa Cisadap memiliki sejarah yang kaya dan menarik,"kata Nanang.

Buku ini, lanjut Nanang, dapat menjadi rujukan bagi masyarakat untuk lebih memahami silsilah asal-usul dan perkembangan dan kemajuan desa.

"Dengan menggunakan metode penelitian yang komprehensif dalam menyusun buku ini dengan mewawancarai langsung tokoh-tokoh masyarakat yang masih ada serta dari berbagai sumber literatur,"tutur Nanang.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini