SMPN 9 Jatiasih Wajibkan Siswa nya Pilih 2 Jenis Ekskul

Redaktur author photo
Wakepsek SMPN 9 Kota Bekasi Suardi

inijabar.com, Kota Bekasi- Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) SMP Negeri 9 Kota Bekasi Suardi ,M.Pd mengungkapkan, kegiatan ekstra kulikuler (ekskul) yang menjadi unggulan di sekolahnya ada yang sifatnya wajib  ada juga yang sifatnya pilihan.

"Jadi setiap anak minimal harus memilih dua ekskul minimal ekskul wajib dan ekskul pilihan,"ujarnya saat ditemui di ruang sekolah nya. Kamis (8/8/2024).

"Ekskul wajib itu Alhamdulillah kita banyak mendapat pertasi minimal untuk tingkat Kota Bekasi,"sambung Suardi.

Salah satu ekskul wajib yaitu Paskibra, SMPN 9 Kota Bekasi  pernah sampai tingkat provinsi mewakili Kota Bekasi waktu itu di purwakarta.

"Untuk ekskul pilihan, kita juga pernah juara ketiga Basket putra sama juga itu tandingnya di Purwakarta tapi kalau untuk yang lainya seperti Taekwondo kita pernah juara internasional bermain di Malaysia dan kami satu-satunya perwakilan dari Kota Bekasi dan kami menyabet juara 1 dalam tahun ini,"ucapnya bangga.

Saat ini, kata Suardi, di sekolahnya ada 19 ekskul dari yang wajib ada yang sifatnya olahraga ada kerohanian, untuk di bidang olahraga pihaknya terus melakukan pembinaan.

"Kalau Taekwondo kami bekerjasama dengan pihak luar seperti Pancak Silat juga bekerjasama dengan pihak luar untuk yang wajib itu kita ada tiga PMK, Paskibra dan Pramuka,"bebernya.

Cabang olah raga bola voli itu pun kita masih terus mengembangkan diri. Tapi kalau Basket, kata dia, naik turun tergantung dari kadar pembibitannya.

"Kita (Basket) agak kurang bagus tapi pelatihnya bagus tetap adir sulit tapi 4 tahun lalau kita bisa menjuarai Kota Bekasi dan kita disertakan di tingkat provinsi Alhamdulillah hasilnya kita juara tiga," tambahnya.

Untuk ekskul bidang kerohanian seperti hadro mendapat juara 1 di Jakarta.

"Dan kami satu-satunya perwakilan dari Kota Bekasi untuk kerohanian untuk tingkat SMP itu baru di bulan Juni 2024 kemarin itu di Jakarta kejuaraanya

Begitupun dengan kegiatan PMR ( Palang Merah  Remaja ) SMP Negeri 9 menyabet juara 1.

"Secara sekeluruhan kita dari juara favorit dari beberapa kategori SMP Negeri 9 Kota Bekasi masuk juara utama, untuk ekskul difokuskan untuk kelas 7 sampe kelah 9 di semester awal karena agar tidak menggangu kegiatan belajar mereka yang mau menghadapi ujian,"bebernya.

"Secara umum kalau menghadapi kejuaraan itu intensitas latihannya ditambah jadi tidak sesuai jadwal. Ekskul sebagai mana mestinya, karena kan 19 ekskul kita bagi jadwalnya, ada yang di hari Senin sore sampe dengan hari Sabtu,"tandasnya.(firman)

Share:
Komentar

Berita Terkini